Zikir

ZIKIR

Dr. Herbert Benson mengadakan penelitian tentang peran meditasi bagi kesehatan dan menemukan metode meditasi yang baik, yaitu respons relaksasi. Respons relaksasi adalah suatu keadaan diam di suatu tempat yang tenang dan di tandai dengan mengambil posisi rileks, mengendalikan pernafasan dan mengucapkan kata-kata sesuai keyakinan, yaitu menggunakan kata-kata yang mengunakan kekuatan mistis. Ia meyebutkan, zikir yang di praktikan umat muslim adalah bentuk kata bermakna yang memiliki efek bagi keberhasilan  respon relaksasi secara optimal .

Laksanakan Zikir , Selain memiliki kekuatan untuk menghubungkan Allah S.w.t . Dengan hamba-Nyaa , zikir juga memberi manfaat relaksasi .Pilihan kata-kata dari asmaul husna maupun ayat-ayat Al-Quran yang diangap ringan atau mudah di ucapkan dan pendek. Menurut Benson, sebaliknya kata itu maksimal tujuh suku kata. Relaksasi akan lebih terasa jika kata kata ayat yang di baca diketahui dan di megerti artinya . Respons relaksasi bisa di terapkan dalam shalat, yaitu dengan melaksanakannya tanpa tergesa-gesa serta memahami makna setiap gerakan dan arti bacaan shalat.

Selain berzikir, tingkatkan pemahaman keagamaan dengan mengikuti majelis-majelis orang – orang saleh . Majelis kaum shalihin dihadirin para malaikat dan Allah S.wt . Senantiasa memberkati mereka . Hilangkan semua perasaan was was yang muncul dihati. Ibnu Qayyim Aljauziah menggambarkan dua penyebab penyakit jiwa pada seseorang, yaitu penyakit tersebut berbahaya bagi kesehatan dan keteguhan hati orang mukmin

One thought on “Zikir

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s