APA ITU MYASTHENIA GRAVIS

APA ITU MYASTHENIA GRAVIS

Myasthenia Gravis adalah kelumpuhan otot yang ditandai otot lemah dan mudah lelah yang disebabkan oleh adanya antibodi yang merintangi, merubah bahkan merusak penerimaan zat asetilkolin, sehingga hal ini menghalangi terjadinya kerja otot. Antibodi ini dihasilkan oleh sistem imun tubuh sendiri. Oleh sebab itu Myasthenia Gravis dimasukkan dalam golongan penyakit autoimun.

Myasthenia Gravis Foundation of America menjelaskan penyebab dari penyakit ini adalah otot-otot dari seluruh tubuh dikontrol oleh impul syaraf yang timbul dalam otak. Impuls-impuls syaraf ini berjalan turun melewati syaraf-syaraf menuju tempat pertemuan syaraf dengan serabut otot. Serabut syaraf tidak benar-benar berhubungan dengan serabut otot. Ada tempat atau jarak antara keduanya, tempat ini disebut persimpangan neuromuskular. Ketika impuls syaraf itu sampai pada ujung serabut syaraf maka syaraf bagian akhir ini mengeluarkan zat asetilkolin. Asetilkolin berjalan menyeberangi jarak yang ada diantara serabut syaraf dan serabut otot menuju serabut otot dimana banyak diikat oleh reseptor asetilkolin. Pada Myasthenia Gravis, reseptor asetil kolinnya menurun sampai 80 %. Penurunan ini disebabkan antibodi yang menghancurkan dan merintangi reseptor asetilkolin.

Sebenarnya antibodi adalah protein yang memainkan peran penting dalam sistem imun. Biasanya antibodi secara langsung menolak protein-protein asing yang disebut antigen yang menyerang tubuh. Untuk alasan yang tidak dimengerti, pada penderita Myasthenia Gravis tubuhnya membuat antibodi melawan reseptor pada persimpangan neuromuscular. Akibatnya kelemahan otot terjadi karena asetilkolin tidak dapat menggerakkan reseptor pada persimpangan neuromuskular.

Selain penjelasan mengenai penyebab diatas, pada orang-orang dewasa dengan Myasthenia Gravis, kelenjar thymus tidak normal. Dan bahkan pada sebagian penderita mengalami thymoma atau tumor pada kelenjar thymus. Umumnya tumor ini jinak, tapi bisa menjadi berbahaya. Hubungan antara kelenjar thymus dan Myasthenia Gravis masih belum sepenuhnya dimengerti. Para ilmuwan percaya bahwa kelenjar thymus mungkin memberikan instruksi yang salah mengenai produksi antibodi reseptor asetilkolin sehingga malah menyerang transmisi neuromuskular.

Adapun gejala myasthenia gravis adalah:

Kelemahan pada beberapa otot. Otot-otot yang paling sering diserang adalah otot yang mengontrol gerak mata, kelopak mata, bicara, menelan mengunyah, dan bahkan pada taraf yang lebih gawat sampai menyerang pada otot pernafasan sehingga mengganggu proses pernafasan, mulai dari nafas pendek, kesulitan untuk menarik nafas yang dalam sampai dengan gagal nafas sehingga memerlukan bantuan ventilator
Beberapa hal yang penting yang membantu pengobatan myasthenia gravis adalah:

a. disamping tetap berkonsultasi ke dokter
b. Obat mujarabnya insya Allah adalah

– lakukan sholat tahajjud dengan ikhlas, hudhur dan rutin
– perlama sujud anda, karena akan memperbaiki keseimbangan saraf otonom
– buatlah rebusan:
– 2 jari rimpang bangle diparut, tambahkan 1 gelas air panas, diamkan
10 menit, saring lalu minum, pagi sore masing-masing 1 gelas
c. Yang penting diyakini adalah bahwa sang maha Penyembuh hanyalah Allah Robbul
’alamin, bukanlah dokter maupun obat mestinon yang ibu minum .
===================
Ingin Konsultasi  Masalah Kesehatan Anda?
Silahkan Datang Ke RUMAH SEHAT AFIAT .Kontak, 021-7530085

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s