MENGATASI SEMBELIT SECARA ALAMI

MENGATASI SEMBELIT SECARA ALAMI

 

Sembelit dalam istilah kedokteran disebut konstipasi, yaitu suatu keadaan dimana seseorang sulit buang air besar yang bisa disebabkan hal-hal sbb.:

1. Gerakan usus yang lamban, biasanya ada keluhan kembung
2. Kelainan persyarafan usus besar yang menyebabkan dinding usus menjadi kurang peka terhadap regangan oleh kotoran yang mengisinya, biasanya terjadi pada pasien yang terlalu kurus dan lemah/cachexia, dalam pemeriksaan perut teraba sentuhan kotoran yang membatu (scibala)
3. Suhu badan yang tinggi, atau adanya panas dalam . Biasanya pada pasien dengan sindroma panas, yaitu disertai haus, kulit kering, lidah kekuningan, gelisah, dsbnya .
4. Kelumpuhan otot usus besar .
5. Kekurangan enzyme pencernaan sehingga pencernaan tidak tuntas
6. Pada kanker usus, adanya benjolan/tumor pada usus besar, bisa juga menghambat keluarnya kotoran dari usus besar

Bisa jadi salah satu atau lebih dari hal-hal diatas adalah merupakan penyebabnya dan oleh karena itu perlu diperbaiki. Mengoreksi sembelit dengan minum pencahar tidak akan menyelesaikan masalah, terutama pada orang berpuasa, sembelit yang terjadi selama orang berpuasa biasanya disebabkan 2 hal yaitu kurang minum dan lemahnya gerakan usus karena otot perut kurang kuat memompa sehingga menyebabkan gerakan peristaltik usus tidak mampu mendorong kotoran/faeces keluar dari usus besar.

Adapun penanggulangan sembelit dalam kasus ini adalah sbb.:

1. PERBAIKAN POLA HIDUP

►. Perbaikan pola hidup dengan Mencukupi kebutuhan minum, 30 cc air murni/kg bb/hari, pada suhu normal. Pada suhu panas atau aktifitas sedang sampai berat bisa ditingkatkan 20%. Pada orang berpuasa kebutuhan ini harus bisa terpenuhi sejak buka sampai sahur.
►. Biasakan banyak bergerak, pada orang berpuasa yang membatasi gerak karena malas dapat menyebabkan fisik lemah dan gerakan otot usus besar menjadi lemah
►. Banyaklah makan sayur (bayam, daun katuk, daun singkong, dll), sebaiknya setiap makan menyertakan sayur sebagai lauknya, karena sayur mengandung serat yang banyak.
►. Pada mereka yang sedang sembelit, sebaiknya banyak makan buah ( buah yang dianjurkan adalah buah yang bersifat dingin), karena serat pada buah tidak mengeraskan kotoran .
►. Hindari rokok yang merusak enzyme-enzyme pencernaan
►. Hindari makan daging karena sifat kebanyakan daging adalah panas dan sebagian daging sulit dicerna disamping pencernaannya yang menguras enzyme.
►. Tidur 6,5 jam per hari akan mengistirahatkan tubuh dan memberi kesempatan usus besar untuk melakukan revitalisasi

2. Perhatian utama kita adalah dalam kebiasaan buang air besar

►. Biasakan buang air besar setiap pagi antara jam 05.00 – 07.00 pagi karena pada jam itu kekuatan usus besar dalam keadaan ”yang” atau mengalami penguatan sehingga melakukan buang air besar pada saat itu akan memberikan hasil pengeluaran yang mudah dan optimal .
►. Minum 2 gelas air pada saat pagi hari setelah bangun tidur akan membantu melunakkan kotoran dan mempermudah buang air besar .
►. Jangan mengejan pada saat buang air besar . lakukan duduk ataupun jongkok di closet hanya jika perut mulai merasa mulas akan buang air besar, karena kebiasaan nongkrong berlama-lama di closet akan memudahkan terjadinya wasir.

3. Obat Herbal yang dapat digunakan untuk mengatasi sembelit adalah :

Syaikh Hakim Mu’inuddin, seorang pakar pengobatan Nabawiy membuat ramuan
A. Ramuan – 1

– 5 sendok teh irisan kurma
– 5 sendok teh bubuk badam
– 10 sendok teh madu
Kurma dan bubuk badam dicampur dan digiling rata, lalu tambahkan madu, diaduk rata . diminum 2 kali sehari @ 3 sendok teh sampai sembuh.

B. Ramuan – 2
– 1 sendok teh daun sena
– 1 sendok teh bubuk jahe
– 1 sendok teh biji adas
– 1 sendok teh garam meja
Ditumbuk semuanya sampai halus, diaduk merata . diminum 1 sendok teh tambahkan air, diaduk rata, lalu diminum sebelum tidur malam .

Dari kedua ramuan ini cukup anda pilih satu macam ramuan saja tergantung mana yang lebih mudah dilaksanakan

Pada pasien dengan gejala panas dalam, sebaiknya ditambahkan cincau hijau atau boleh juga yang hitam, diminum setiap 15 – 20 menit sebelum makan 3 kali sehari . Memperbanyak makan buah pepaya juga sangat baik karena pepaya mengandung enzyme pencernaan/papain, dan beberapa zat lain yang terdapat dalam buah ini sangat membantu perbaikan kondisi enzyme dalam pencernaan.

Demikianlah penjelasan dari saya, semoga bermanfaat. wassalam. wr.wb.
==============================
Ingin Konsultasi Seputar Herbal untuk mengatasi Masalah Kesehatan Anda?
Silahkan langsung ke RUMAH SEHAT AFIAT 021-7530085

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s