NYERI DADA

NYERI DADA

Nyeri dada yang kita bahas disini adalah nyeri dada yang diakibatkan oleh penyempitan pembuluh darah koroner. Pada penderita penyempitan pembuluh darah koroner nyeri bisa dirasakan sebagai nyeri yang bervariasi mulai dari sekedar rasa tertekan di dada atau rasa dada seperti habis dipukul yang dalam bahasa jawa disebut ampeg. Bisa pula berupa nyeri yang menjalar ke dada belakang, atau nyeri yang menjalar ke lengan ataupun bisa pula nyerinya menjalar kedaerah rahang. Nyeri yang dialami juga sering dikelirukan dengan sakit maag karena kadang disertai mual, dan kadang disertai kantuk yang hebat. Yang perlu sedikit dipahami adalah bahwa proses nyeri ini terjadi akibat penyempitan pembuluh darah koroner yang disebabkan oleh gangguan multi-faktor. Penyempitan ini menyebabkan darah yang mengangkut makanan dan oksigen tidak bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dan oksigen otot jantung sehingga otot jantung yang beraktifitas tinggi merasa kelelahan dan terjadilah iskemia otot yang bermanifestasi nyeri, dalam kedokteran nyeri ini disebut nyeri iskemik. Yaitu nyeri akibat kekurangan supply darah. Pada iskemia yang berat akan terjadi infark jantung yaitu kematian otot jantung akibat tidak mendapat supply makanan yang cukup. Ini adalah gejala awal dari iskemia otot jantung yang jika tidak segera ditolong akan diikuti keluhan yang makin parah sehingga bisa terjadi infark jantung atau yang biasa disebut sebagai serangan jantung.

Anjuran saya adalah segera dilakukan pemeriksaan treadmill yang bisa lebih memastikan apakah benar terjadi gangguan supply darah jantung. Jika benar maka masih perlu diikuti oleh pemeriksaan lain yaitu kateterisasi pembuluh darah jantung untuk melihat berapa persen penyempitannya untuk masing-masing pembuluh darah koroner inti yang ada 3 pembuluh darah. Dalam pengobatan kedokteran biasanya dilakukan pemasangan cincin pada pembuluh darah yang menyempit agar bisa terbuka kembali, dan jika keadaan sudah parah mungkin perlu dilakukan operasi by pass (penggantian pembuluh darah koroner). Jika kita ingin menggunakan pengobatan alami untuk nyeri dada, sebaiknya dipastikan dulu tingkat risikonya, mengingat pengobatan herbal tidak bisa instan, jika memang perlu kita kombinasikan dengan obat kimia karena menghentikan obat kimia pelonggar pembuluh darah secara drastis harus berada dalam pengawasan ketat harian dari seorang herbalis yang mahir untuk menjaga keamanan pasien.

Adapun obat herbal dan tindakan yang bisa membantu pengobatan penyakit jantung koroner adalah sbb.:
– Terapkan pola hidup sehat dengan mengontrol makan-minum, lakukan olah raga rutin 3 kali seminggu @ 20 menit, olah raga yang dilakukan hendaknya olah raga ringan seperti jalan. Selama olah raga perhatikan bahwa jika terasa pusing maka hendaknya olah raga dihentikan. Tidur cukup yaitu 6,5 jam perhari, hentikan merokok dan minum minuman beralkohol, kendalikan stress dengan selalu bertawakkal kepada Allah.
– Turunkan berat badan dengan mengurangi volume makan, menjaga kebutuhan minum dan minumlah kapsul ekstrak jati belanda 2 kali sehari @ 1 kapsul ukuran 500 mg.
– Bekam pada garis tengah tulang belakang pada tulang thorakal ke-7 pada perpotongan garis yang ditarik dari ujung bawah scapula kiri dan kanan serta garis tengah tulang belakang.
– Habbatus sauda’ diminum 3 kali sehari @ 2 kapsul ukuran 700 mg
– 2 siung bawang putih dikukus lalu dimakan bersama nasi. Tujuan dikukus adalah untuk mengurangi bau.
– Minumlah minyak zaitun/virgin coconut oil 2 X sehari @ 2 sendok makan, boleh dicampur madu.
– Jagalah agar wudhu dilaksanakan berikut sunnah-sunnah wudhu. ibadah sholat 5 waktu dilaksanakan tepat waktu, dengan tidak tergesa-gesa, dan jadikanlah wudhu sebagai sarana membersihkan fisik maupun jiwa kita.
Demikianlah semoga penjelasan ini memberi manfaat, wassalam wr.wb.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s