Apa itu KETOMBE

Apa itu KETOMBE

Ketombe disebut juga kelemumur, atau sindap dalam istilah kedokteran disebut Pityriasis capitis yang ditandai pengelupasan kulit ari kepala secara berlebihan . Pada dasarnya pengelupasan kulit ari memang terjadi setiap hari namun pada ketombe terjadinya secara berlebihan, pada orang normal pergantian kulit ari setiap sebulan sekali sementara pada penderita ketombe dua minggu sekali . ketombe bisa juga diakibatkan kurangnya nutrisi tertentu khususnya Zn/seng. Zinc banyak ditemukan pada kerang, kacang tanah dll. ketombe menyebabkan kepala terasa gatal apalagi jika berkeringat, akibatnya penderita akan menggaruk dan menggaruk lagi sehingga kulit kepala terluka. Disamping itu ketombe juga menyebabkan hilangnya rasa percaya diri pada penderitanya, karena sering menggaruk kepala, menimbulkan bau di kepala dan adanya rontokan sisik kulit yang sering kali menempel di pakaian penderita akan mengganggu kerapihan dan kebersihan seseorang.

Adapun cara mengatasi masalah ketombe adalah sbb :
A. Pencegahan :
– Hindari produk rambut yang bisa membuat kulit kepala lembab misalnya minyak rambut, gel rambut, dan sebagainya.
– Biasakanlah makanan sehat dengan kandungan zinc dan vitamin B1 yang bisa menyehatkan kulit kepala dan mencegah terjadinya ketombe. Adapun makanan yang mengandung zinc dan vitamin B1 antara lain daging sapi, domba, kalkun, salmon, tiram, kepiting, dan beras merah.
– Kendalikan stres dengan selalu berdzikir/mengingat Allah, karena hanya dengan mengingat Allah hati akan menjadi tenang.
B. Pengobatan
Untuk pengobatan herbal yang bisa dilakukan adalah :
– 100 cc air perasan jeruk purut ditambah 200 cc air perasan nenas ditambah 100 cc santan kelapa, bahan dicampur menjadi satu, diaduk rata, masukkan dalam wadah tertutup .
– Digunakan sebagai shampoo 3 – 4 kali seminggu sampai sembuh, setelah itu boleh diulang seminggu sekali

Demikianlah semoga bermanfaat, wassalam. wr.wb.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s