MENGATASI TEKANAN DARAH TINGGI

MENGATASI TEKANAN DARAH TINGGI

Tekanan darah tinggi adalah keadaan dimana hasil pengukuran oleh tensi meter menunjukkan tekanan atas (sistole) lebih tinggi dari 160 mm Hg, adapun diastole lebih dari 90 mm Hg. Kesepakatan beberapa pusat riset kedokteran memang tidak sama dalam mengkategorikan seseorang menderita tekanan darah tinggi. Yang penting jika dokter sudah memeriksa ketidak normalan tekanan darah dalam 3 kali kunjungan dan si pasien berada dalam kategori tekanan darah tinggi maka pasien tersebut akan diperlakukan sebagai penderita tekanan darah tinggi, dengan segala konsekwensinya. Pada hipertensi 80% lebih kasusnya tidak diketahui penyebabnya dan dalam kedokteran modern disebut hipertensi esensial, 20% sisanya adalah hipertensi sekunder, yaitu hipertensi yang disebabkan oleh komplikasi penyakit tertentu, misalnya penyakit jantung, ginjal, keganasan dll. Oleh karena itu perlu diyakini dulu apakah seseorang tidak menderita penyakit organ-organ tertentu, jika tidak berarti penyakitnya tergolong hipertensi esensial .

Dalam kedokteran Nabi, dikenal adanya penyakit yang diakibatkan bergolaknya darah, dan menurut kajian saya hipertensi adalah disebabkan bergolaknya darah ini . Penanganan hipertensi esensial adalah sbb:

1. Menjaga berat badan ideal, dengan rumusan
Tinggi badan dikurangi 100 plus minus 10%, misal tinggi badan 170 cm maka berat badan ideal adalah:
170 – 100 +/- 10% X (170-100)
= antara (70 – 7) kg sampai (70 + 7) kg
= 63 kg – 77 kg
Jika berat badan melampaui itu, maka perlu diturunkan .
2. Perbanyaklah minum air, kekurangan cairan/dehidrasi dapat mempengaruhi terjadinya hipertensi . adapun kebutuhan air pada keadaan udara sejuk dengan aktifitas sedang adalah 30 cc/kg bb/hari . Pada penderita gagal ginjal penggunaan air ada perhitungannya tersendiri. Konsultasikan kepada dokter yang merawat
3. Kendalikan makan, makanlah yang seimbang antara daging, sayur, nasi dan buah, malam hari hendaklah mengurangi porsi makan . juga seimbangkan antara makanan yang asin-manis-asam, untuk menyeimbangkan fungsi organ terkait dengan rasa tersebut.
4. Obat terbaik untuk hipertensi adalah berbekam, karena indikasi utama berbekam adalah penyakit akibat ”bergolaknya darah”. Berbekamlah kepada ahli bekam yang terampil dan menguasai titik-titik pembekaman yang variatif. Dan saya biasanya menganjurkan pembekaman ini didahului dengan refleksi, karena refleksi akan melancarkan peredaran chi/energi, sehingga darah tercemar mengumpul di lapisan atas kulit dan memudahkan kita dalam mengeluarkannya . Refleksi yang dilakukan juga seyogyanya adalah refleksi yang mempertimbangkan titik-titik akupunktur dan dilakukan oleh tenaga terlatih/therapist .
5. Disamping pembekaman juga perlu diberikan pengobatan dengan makanan dan obat sbb.:
• minum 1 gelas jus belimbing setiap hari sekali, pemanis madu/ jangan pakai gula .
• habbah saudah 2 X sehari @ 1 gram, diminum sebelum sarapan dan sebelum makan malam
• 2 gram/ 1 sendok teh bubuk kayu manis diseduh dalam ½ cangkir air panas, diamkan kira-kira 10 menit, disaring, lalu air diminum, 2 X sehari . jika ingin pemanis, gunakan madu murni
6. Dr. Louise L. Hay seorang ahli pengobatan tradisional terkenal dari amerika meyakini bahwa hipertensi adalah akibat problem emosional yang lama tidak terpecahkan, dan menganjurkan pasiennya untuk mengubah mental pattern menjadi rasa damai. dalam istilah Islam disebut muthmainnah . Untuk mengobati penderita hipertensi hendaklah mengembangkan sikap syukur dan qona’ah.
7. Pengalaman saya dalam menangani penderita hipertensi kebanyakan dari mereka yang menggunakan obat anti hipertensi dalam jangka lama akan mengalami impotensi/disfungsi ereksi.
Biasanya keadaan ini dapat diperbaiki sepanjang dia mengalami impotensi belum lebih dari 2 tahun. Pengobatan yang saya berikan biasanya dengan PROPOTEN dengan dosis 2 X sehari @ 2 kapsul, saya menyebut merk karena untuk memudahkan karena sejak tahun 1997 saya telah menggunakannya pada banyak pasien dan memberi hasil yang memuaskan, tidak ada efek samping permanen, tidak berbahaya untuk penderita hipertensi. makanya saya merasa berkewajiban merekomendasikannya.
Demikianlah jawaban saya, semoga memuaskan, wassalam.wr.wb.

One thought on “MENGATASI TEKANAN DARAH TINGGI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s