APA ITU KOLITIS ULCERATIVE/BOROK USUS BESAR?

APA ITU KOLITIS ULCERATIVE/BOROK USUS BESAR? ::

Kolitis Ulseratif adalah suatu kondisi medis yang ditandai dengan borok pada usus besar. Penyebab kolitis ulseratif diduga karena hiperaktifitas sistem kekebalan tubuh pada selaput lender usus. Hiperaktifitas tersebut menyebabkan peradangan kronis yang lama kelamaan menyebabkan gaung di selaput lender usus yang kemudian menjadi borok pada usus besar. Jika boroknya luas dan terjadi dalam jangka lama maka akan terjadi kehilangan darah dan dapat menyebabkan anemia. Jika borok meluas dan peradangan makin parah maka usus besar akan berdilatasi/menggelembung, kondisi ini dikenal sebagai megakolon toksik. Akibatnya untuk mengatasi penyakit ini diperlukan pembedahan untuk mencegah pecahnya usus besar. Gejala yang menonjol adalah pasien sering diare dan kadang-kadang disertai perdarahan pada faecesnya.
Adapun pengobatan yang saya anjurkan adalah :

1. menjaga makanan, jangan makan berlebihan, jangan makan yang pedas maupun yang asam, kurangi konsumsi daging dan lemak.
2. minum cukup air putih, 30 cc/kg BB/hari, jika berat badan 60 kg berarti 8 gelas blimbingan, 70 kg 9 gelas dan 80 kg, 10 gelas
3. makanlah 2 buah bawang putih tunggal yang dikukus, dimakan habis sarapan
4. obat yang bisa membantu

daun cincau segar 50 gram ditumbuk sampai lumat, tambahkan 4 gelas air matang, diremas, diperas, dan airnya disaring . diamkan sampai mengental lalu tambahkan 2 sendok makan madu, lalu dimakan seperti makan cincau .
jika kesulitan mendapatkan daun segar, maka bisa makan cincau yang sudah jadi, diiris-iris dicampur air dan madu, dimakan pagi sore . madu adalah makanan yang diakui manfaatnya bagi kesehatan dan memiliki sifat adaptogen, sehingga bisa diminum oleh semua pasien yang membutuhkannya, baik pasien yang didominasi panas maupun yang didominasi dingin .

5. saya telah mengembangkan ramuan untuk borok usus ini yang bisa didapat di klinik saya
6. tingkatkan rasa tawakkal dan perbanyak zikir kepada Allah . satu hal yang paling baik diingat selalu adalah kuatkan keyakinan akan kekuasaan Allah SWT yang tidak terbatas .
7. amati perkembangan penyakit dan tetap konsultasikan perubahan yang terjadi ke dokter terdekat .

Demikianlah bila belum tercapai hasil sebagaimana yang diharapkan, silakan konsultasi ke saya dengan mendaftar di 021-7530085. Semoga tulisan ini membawa manfaat, wassalamu’alaikum wr.wb

One thought on “APA ITU KOLITIS ULCERATIVE/BOROK USUS BESAR?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s