TUBERKULOSIS / TBC, adalah penyakit infeksi ….

TUBERKULOSIS / TBC, adalah penyakit infeksi ….

Tuberkulosis/TBC, adalah penyakit infeksi yang disebabkan kuman Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini bisa mengenai paru-paru ataupun bisa pula mengenai organ lain seperti kelenjar, tulang, usus, dan lain-lain. Penyakit TBC bukan karena angin malam, bukan juga karena udara basah, penyakit TBC terutama menjangkiti orang yang kontak dengan penderita sementara daya tahan tubuhnya rendah.
Disamping daya tahan tubuh TBC juga berhubungan dengan kurang terjaganya kebersihan diri dan lingkungan. Faktor lain adalah kurangnya pencahayaan sinar matahari dan kurangnya ventilasi, karena sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik akan membuat kuman-kuman TBC yang mungkin bersarang dapat mati.
Kita patut mencurigai seseorang menderita TBC jika ia menderita batuk lebih dari 1 minggu tidak sembuh-sembuh. Kita juga patut curiga seseorang menderita Tuberkulosis jika disamping batuk berat badannya makin menurun, sering berkeringat malam hari, dan yang juga penting adalah hasil foto Rontgen dada menunjukkan kecurigaan terhadap adanya TBC

Semua gejala ini tidak selalu muncul dan jika ada tidak selalu lengkap, jika ada salah satu gejala sudah merupakan alasan bagi dokter untuk menelusuri lebih jauh kemungkinan adanya penyakit TBC, hal ini dikarenakan kasus TBC yang cukup besar dinegara kita. Jumlah penderita TBC di Indonesia adalah nomor 4 terbesar di dunia, jumlah penderita keseluruhan adalah tiga ratus ribu orang ini berarti setiap 1000 orang Indonesia yang kita jumpai ada 1-2 orang yang menderita TBC .
Adapun penatalaksanaan pasien TBC secara tradisional adalah:
– Menerapkan makan dengan gizi cukup dan berimbang (perhatikan, jumlah, jenis dan jadwal makan), istirahat cukup, minum cukup air putih, tetap laksanakan olah raga rutin sesuai kemampuan.
– Kapsul ekstrak Mengkudu 2 X sehari @ 1 gram, diminum dengan menggunakan wedang jahe. Minumlah kapsul ekstrak meniran 2 kali sehari @ 500 mg, kapsul ekstrak mengkudu dan meniran mudah dijumpai di toko-toko herbal dengan harga murah.
– Makanlah buah nenas kira-kira 200 gram setiap hari, nenas diyakini sebagai buah yang membantu pengobatan TBC paru.
– Perhatikan ventilasi dan pencahayaan kamar anda, bagi mereka yang sedang menderita TB terbuka-aktif harus diamankan dari kemungkinan kontak dengan orang lain terutama anak kecil.
– Minumlah 200 cc susu sehari, akan lebih baik jika ditambahkan madu 2 sendok makan sebagai pemanisnya.
Jika saya ditanya seberapa bahayanya penyakit TBC, tentu sangat berbahaya terutama jika tidak diobati atau jika diobati namun tidak tuntas, tapi jika diobati dengan tekun atas ijin Allah akan dapat disembuhkan insya Allah, demikian semoga bermanfaat, wassalam.wr.wb.

Sumber : Best Herbal

One thought on “TUBERKULOSIS / TBC, adalah penyakit infeksi ….

  1. sangat bermanfaat dan semoga dapat diamalkan. Saya mau tanya dok….apa obat yang sesuai untuk penyakit asam urat saya (pria-50thn-asam urat 11,8) dan selalu terjadi pembengkakan di lutut kanan saya……mohon infonya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s