WASIR/AMBEIEN adalah ….

WASIR/AMBEIEN adalah ….

Kita sering mendengar penyakit ambeien, bahkan sebagian kita menderita ambeien/wasir. Ambeien adalah pelebaran pembuluh darah vena secara abnormal pada anus ataupun rectum. Ambeien ada yang didalam dan disebut haemorrhoid interna, biasanya keluar pada saat buang air besar . Ada juga yang diluar lubang anus yang disebut haemorrhoid externa . Pada haemorrhoid interna, mula – mula pasien tidak menyadarinya karena prosesnya didalam lubang anus, lama kelamaan dia akan keluar dari lubang anus dan tak bisa dimasukkan lagi atau menetap . Pada penderita ambeien bisa terjadi berbagai komplikasi dari yang ringan berupa perdarahan ringan sampai terjadinya prolaps recti yaitu keluarnya sebagian usus melalui anus . Penyebab ambeien ini bisa konstitusi/bakat, orang yang sering sembelit juga mudah terjadi ambeien, begitu pula orang yang menu makanannya kurang berserat, kehamilan, ataupun orang yang mengalami diare kronis .


Pengobatan ambeien adalah sbb.:

1. Perbaiki cara duduk termasuk kursi kerja harus keras, agar tidak ada penekanan terhadap peredaran darah di bokong dan penekanan pada anus . diantara jam kerja sempatkan untuk berdiri dan bergerak-gerak, jangan anda duduk dalam posisi terpaku dalam waktu yang lama karena ini akan memberi efek penekanan pembuluh darah disekitar anus dan ini termasuk yang menyebabkan dan atau memperburuk keadaan pada penderita ambeien .
2. Lakukan olah raga ringan 3 kali seminggu, dengan durasi 40 menit per kali .
3. Tingkatkan konsumsi air minum anda yaitu 30 – 40 cc/kg bb/hari, sebaiknya minum air hangat, dan jangan minum air dingin .
4. Pilihlah makanan tinggi serat dan yang bersifat dingin, diantara makanan tinggi serat yang dianjurkan adalah sorgum yang juga disebut jewawut . Sorgum mengandung serat yang tinggi, dengan kandungan vitamin dan gizi yang baik, sehingga dapat pula dijadikan makanan pokok yang menyehatkan .
5. Adapun obat herbal yang saya anjurkan adalah ramuan berikut :
– Daun wungu segar 10 gram
– Daun sendok segar 15 gram
– Air 3 gelas .
Cara membuatnya :
Daun wungu segar dan daun sendok segar dicuci bersih, lalu direbus dalam 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas, angkat, dinginkan, saring lalu minum dalam keadaan hangat sekaligus pada siang hari . akan lebih baik dan lebih enak rasanya jika ditambahkan 2 sendok makan madu murni .
6. Jika dimungkinkan minumlah kapsul ekstrak sambiloto 2 X sehari @ 1 gram . kebanyakan kapsul sambiloto dijual 500 mg per kapsul, jadi bisa diminum 2 kali sehari @ 2 kapsul .
7. Perbaiki sujud anda, jangan tergesa-gesa bangkit dari sujud, karena pada saat kita sujud peredaran darah dipancarkan ke kepala dan ini memberi kesempatan pengosongan pembuluh – pembuluh darah di bagian perut kebawah, sehingga stagnasi darah pada daerah perut kebawah yang menyebabkan pengentalan darah dan penumpukan racun akan diperbaiki sirkulasinya . Setelah bangkit dari sujud pembuluh darah yang mengalami pengosongan tadi akan terisi kembali dengan darah yang segar .
Demikianlah Wassalamu’alaikum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s