Lupus Eritematosus

LUPUS ERITEMATOSUS

Lupus dijuluki ”Penyakit Seribu Wajah”, karena Lupus memberi gambaran yang berbeda-beda . Mulai dari gejala di kulit, di ginjal, kadang-kadang ada kebotakan, nyeri sendi, gangguan kadar elektrolit, pembesaran limpa dan hati, gangguan syaraf pusat yang berakibat kelumpuhan kejang dan kadang-kadang gangguan perilaku, bisa pula terjadi gagal ginjal akut . Untuk memastikan diagnosisnya disamping gejala-gejala klinis diatas sering kali dibutuhkan pemeriksaan laboratorium rutin dan khusus terutama antibody yang spesifik (misal: antibody antinuclear, C3, C4, CH50 dll) . Diagnosis lupus adalah tidak mudah, meskipun sudah ada beberapa pemeriksaan namun biasanya dokter masih perlu membandingkan dengan beberapa penyakit lain yang mempunyai gejala dan tanda mirip dengan lupus. Sampai hari ini belum diketahui dengan pasti apa sebenarnya penyebab lupus, namun dari pengalaman saya maka faktor stres sangat berpengaruh atas munculnya gejala dan memicu perubahan tanda-tanda laboratorium pada penderita lupus.

Adapun penatalaksanaannya adalah : A. Diet : Laksanakan diet seimbang-didominasi sayur/buah-banyak minum. Ini adalah cara sehat dan atau cara kembali sehat jika anda sedang sakit. B. Aktifitas : Penderita lupus sebaiknya tetap beraktifitas dan berolah raga seperti biasa, namun frekwensi 2-3 kali perminggu, low impact dengan durasi 30 menit per kali. Olah raga low impact ditandai dengan tidak memberi beban yang tinggi pada jantung maupun alat gerak. Usahakan olah raga ditempat yang teduh (tidak terpapar sinar matahari). C. Pengobatan : Pengobatan disesuaikan dengan gejalanya. Agar badan tidak mudah lelah minumlah wedang jahe sekali sehari pada tengah hari habis makan siang. Jahe juga bisa mengurangi gejala nyeri sendi. Pada penderita lupus biasanya kekambuhan dipengaruhi oleh stres maka pengendalian stres adalah yang paling utama. Adapun pengobatan herbal pada pasien lupus adalah sbb.: • Minumlah teh astragalus/huang gi, pagi hari . 1-4 gram teh ditambah 1 cangkir air panas, diamkan 15 menit, aduk, disaring lalu diminum . Sebagai pemanis gunakan 1-2 sendok teh madu . Huang gi adalah daun-daunan yang bisa dibeli di toko obat china/sinshe . Huang gi juga bisa diminum dalam bentuk serbuk dengan dosis 3 kali sehari @ 200 – 400 mg (tergantung berat badan), dimasukkan kedalam kapsul . • Minum teh pegagan dan teh camomile berselang-seling setiap sore hari . • Saya memiliki pengalaman baru yaitu memberikan ramuan obat herbal yang terdiri dari jinten hitam+ginseng+pegagan+daun dewa+jahe dalam kapsul yang saya berikan 2 X sehari @ 1 kapsul kepada pasien yang ternyata bisa meningkatkan daya tahan dan pasien merasa lebih sehat. • Makan bawang putih tunggal 2 biji dikukus, dimakan bersama makan malam atau sarapan . • Perlu dilakukan refleksi pada tangan dan kaki dilanjutkan pembekaman. Pembekaman dilakukan 2 minggu sekali selama 3 bulan, dilanjutkan 1 bulan sekali sampai tuntas yang dibuktikan normalnya indikator laboratorium. • Penggunaan obat kimia masih mungkin dilakukan terutama jika perkembangan penyakit sampai pada keadaan mengancam keselamatan pasien.

Disamping itu kita hendaklah makin mendekatkan diri kepada Allah dengan memperbanyak dzikrullah, perhatikan Q.S. Ar-Ra’d, 13:28, karena penyakit ini lebih banyak dipengaruhi oleh ketidak tenangan hati dan gejolak akibat pasang surutnya iman. Semoga bermanfaat, wassalam wr.wb.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s