:: PENGOBATAN HERBAL PADA SAKIT MAAG/DYSPEPSIA ::

:: PENGOBATAN HERBAL PADA SAKIT MAAG/DYSPEPSIA ::

 

dokter Muhammad Ali toha Assegaf,praktisi kedokteran nabi menulis :
Assalamualaikum Wr Wb.. Sebelum membahas mengenai pengobatan herbal pada penyakit maag/dyspepsia. mari kita bahas dulu apa definisi dari dyspepsia

Dyspepsia adalah kumpulan gejala yang biasanya terdiri dari nyeri atau rasa tidak nyaman di perut bagian atas, kembung, banyak kentut, rasa penuh/sebah, banyak sendawa, cepat kenyang, dan borborygmi (keroncongan), jika keluhan ini dalam 1 bulan berlangsung sekurangnya 1 minggu maka dianggap dyspepsia kronis . Jika keluhan ini sangat mengganggu maka perlu dilakukan berbagai pemeriksaan baik biokimiawi, endoskopi maupun radiologis yang bertujuan menentukan apakah ini termasuk dyspepsia non ulcer atau dyspepsia biasa ataupun gangguan lain seperti radang tenggorokan akibat refluks asam lambung dll.

Dalam berbagai penelitian ditemukan bahwa beberapa obat-obatan kimia apalagi yang diminum tanpa pengawasan dokter akan memberi risiko terjadinya ulkus/borok lambung yang bisa berakibat perdarahan lambung.

Alkohol juga termasuk salah satu zat yang bisa menyebabkan borok lambung . Beberapa makanan yang bercita rasa asam maupun pedas juga dapat mendorong terjadinya borok lambung dan atau refluks asam lambung. Bahan lainnya antara lain adalah vetsin, caffeine, asam benzoate dll. terbukti pula mendorong terjadinya dyspepsia ini . Dahulu diyakini bahwa sakit maag adalah murni psikosomatik, namun berbagai penelitian menunjukkan adanya peran bakteri Helicobacter Pylori oleh karena itu dalam pengobatan dyspepsia maupun ulkus peptikum peran bakteri ini telah mendapat perhatian dari para dokter . Kemajuan penelitian dalam kedokteran modern untuk penanganan keluhan ini masih belum memberikan solusi yang menyeluruh . Dr. Batmanghelij,seorang dokter ahli penyakit dalam dari London pernah melakukan penelitian tentang pengaruh dehidrasi terhadap berbagai penyakit dan salah satu penyakit akibat dehidrasi adalah penyakit maag yang dalam kedokteran disebut dyspepsia. Hal ini perlu saya jelaskan secara panjang lebar karena pemahaman yang benar tentang sakit maag ini akan membantu pengobatan dan bahkan penyembuhan .

Adapun penatalaksanaan sakit maag/dyspepsia ini perlu memperhatikan 3 hal sbb.:

A. Perbaikan pola hidup

1. ada 3 prinsip dalam menyikapi persoalan hidup yaitu sabar atas segala cobaan, syukur atas karunia Allah sekecil apapun karunia yang kita terima, dan ikhlas atas segala kekurangan yang dirasakannya.

2. mengubah sikap pandang tentang keimanan, dengan menanamkan pemahaman tentang kebesaran kekuasaan Allah atas semesta alam . Di meja praktek saya sering membuktikan bahwa kekuatan keimanan yang benar telah banyak menolong mempercepat penyembuhan dari sakit .

B. Perbaikan pola makan

1. Menjaga makanan yang halal baik substansinya, cara mengolahnya maupun cara mendapatkannya .

2. Rasulullah SAW menganjurkan makan 1/3 makanan padat (nasi, lauk, sayur dan buah), 1/3 air dan menyisakan 1/3 dari lambung kita yang Beliau SAW katakan untuk nafas . artinya kita jangan memenuhi lambung kita dengan makanan sehingga kekenyangan dan memberatkan kerja kelenjar pencernaan dan organ-organ pencernaan .

3. Selalu menganeka ragamkan makanan, campurkan berbagai makanan yang terdiri dari lemak, protein, karbo hidrat, buah dan sayur hijau.

4. Hindari makan buah ataupun sayur yang sulit dicerna atau yang menghasilkan gas dalam jumlah banyak (antara lain durian, nangka, lobak, sayur kol, timun) terutama jika maag anda sedang kambuh. Hindari makanan yang bercita rasa asam maupun pedas, karena keduanya menimbulkan iritasi pada selaput lendir lambung dan merangsang pengeluaran asam lambung secara berlebihan .

5. Lakukan makan 3 kali sehari, dan diantara dua waktu makan jangan makan apapun, jika anda merasa lapar minumlah air hangat atau teh manis . Pengalaman saya bahwa pasien yang frekwensi makannya tidak teratur atau banyak ngemil malahan memudahkan kambuhnya keluhan dyspepsia.

6. Perbaikilah dehidrasi anda, dosis air putih dalam keadaan cuaca sejuk adalah 30 cc/kg bb/hari jika udara panas tambahkan 20% lagi . Hindari minum air es .

C. Pengobatan

Adapun obat herbal yang cocok untuk menangani adalah :

Ambil 2 jari kunyit + 1 jari temu putih diiris tipis-tipis, direbus dalam air 500 cc sampai air tinggal separuhnya, lalu dinginkan tambahkan madu murni 125 cc, aduk rata dan minumlah larutan ini 3X sehari @ 50 cc. Sisanya disimpan untuk kemudian bisa diminum kembali . Diminum pagi hari setengah jam sebelum sarapan

Demikianlah jika anda melakukannya dengan tekun maka diharapkan dalam 2 minggu Insya Allah akan mulai merasakan manfaatnya, dan andapun tidak akan bergantung dengan obat kimia sintetik. wassalam.wr.wb

==============================
Ingin Konsultasi Seputar Herbal untuk mengatasi Masalah Kesehatan Anda?
Klik : http://best-herbal.org/konsultasi.php

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s