Sehat Jantung, lambung dan Pembuluh darah

Sehat Jantung, Lambung, dan Pembuluh darah

1. Jagalah komposisi makanan,yaitu 50% biji-bijian,30% sayur dan buah,serta 20% protein dari daging ataupun ikan.
2. Perbanyak konsumsi biji-bijian,seperti kacang polong, kenari, dan wijen
3. Biasakan minum yoghurt secara rutin
4. Tambahkan 2 siung bawang putih kukus  dalam menu sarapan
5. Makanlah cukup wortel,kubis,serta umbi-umbian
6. konsumsilah garam meja maksimal 6 g/hari
7. Cukupi kebutuhan air sebanyak 30 cc/kgg berat badan/hari dan dibagi mengikuti jam waktu sholat
8. Olah raga rutin selama 30-40 menit setiap hari 3 kali dalam seminggu
9. Lakukan aktivitas yang masih mampu di kerjakan sendiri. perbanyak gerak dan jangan bermalas malasan.
10.Pertahankan berat badan ideal,sesuai rumus  TB-100 10: ± 10%  X (TB  – 100)
11. Hentikan kebiasaan merokok
12. Cukup kebutuhan tidur selama 6,5 jam/hari
13. lakukan pemerikasaan rutin setiap 6 bulan sekali atau ketika terasa ada ganguan,terutama untuk usia 40 tahun keatas .
14. kendalikan stress
15. Fokuslah saat melaksanakan shalat
16. Dekatkan diri kepada Allah Swt. Dengan memperbanyak zikir  dan sujud
17. jadikan keluarga atau rumahku surgaku dengan mengembangkan kasih saying dalam keluarga