Tanya jawab mengenai Malaria

Tanya jawab mengenai Malaria

 

Assalamu’alaikum Wr Wb. Dokter, pada tahun 1999 saya menderita sakit panas tinggi sampai tidak sadar. Waktu itu saya sedang ada di Kalimantan tengah, setelah diperiksa dokter mengatakan bahwa penyakit saya adalah malaria.. Kemudian dirawat selama 10 hari dan alhamdulillah saya sembuh. Pada tahun 2005 saya menderita sakit serupa dan dokter di Pontianak menyatakan bahwa saya menderita malaria lagi. Saya sempat dirawat 6 hari. Sejak itu saya trauma jika panas, takut malaria lagi. Belakangan sejak 3 bulan ini saya sering panas kambuh-kambuhan tapi tidak sehebat dahulu. Apakah saya menderita malaria lagi ? Apakah obatnya agar penyakit malaria saya ini bisa sembuh tuntas ? Terima kasih atas jawabannya. Ad, Situbondo

Wa’alaikumussalam Wr Wb

Semoga Allah melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada orang yang mengikuti petunjuk Allah SWT dan rasul-Nya saw, melimpahkan kemenangan atas perjuangan ummat ini di seluruh dunia terutama saudara-saudara kita di Palestina, dan semoga Allah SWT musnahkan musuh-musuh Islam yang terselubung maupun yang terang-terangan. Amin ya robbal ‘alamin.

Pak Ad, malaria adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh parasit plasmodium yang penyebarannya dilakukan oleh nyamuk anopheles betina . Ada bermacam-macam jenis malaria, yang tidak akan saya bahas disini, namun yang jelas ada 3 gejala klinis dari malaria yang paling menonjol yaitu demam (bisa mencapai lebih dari 40 derajat sehingga menyebabkan menurunnya kesadaran), anemia (karena penghancuran sel darah merah oleh plasmodium, tanda anemia adalah kadar Hb yang rendah) dan pembesaran limpa (limpa yang pada orang sehat tidak teraba pada penderita malaria terutama yang kronis limpa akan teraba pada pemeriksaan) . Di antara berbagai jenis malaria, yang paling berbahaya dan sering kali kebal terhadap obat-obat malaria adalah malaria tropika . Malaria tropika juga sering menyerang dan merusak otak .

Biasanya dokter sangat mencurigai adanya malaria jika pasien mengeluh badan sakit dan lesu, perut sakit dan kadang-kadang disertai mual, menggigil, demam tinggi, lalu berkeringat kemudian panas turun . Ini adalah khas gejala malaria . Di Indonesia ada daerah-daerah tertentu yang disebut daerah endemis malaria (daerah dimana angka banyak penderita malarianya) sehingga setiap orang yang hendak masuk ke wilayah tersebut harus meminum obat tertentu agar terlindungi dari serangan penyakit malaria, daerah itu antara lain daerah Kalimantan, dan Papua . Bagaimana perlindungan terhadap serangan penyakit malaria ini dan bagaimana pengobatannya ? Akan saya jelaskan sbb:

  1. Untuk Perlindungan :
  1. Tingkatkan daya tahan tubuh dengan minum campuran sbb.:

– 25 gram bunga mawar segar masukkan kedalam mangkuk berisi 250 cc madu sampai seluruh kelopaknya terbenam, masukkan mangkuk tersebut kedalam wadah berisi air dengan suhu kira-kira 60 derajat Celcius selama 1 jam, kemudian diangkat, wadah ditutup rapat dan disimpan 1 malam, kemudian disaring, masukkan air saringan kedalam wadah terbuat dari kaca, simpan selama 1 minggu, lalu siap diminum 3 kali sehari @ 2 sendok makan .

– Pertahankan kebutuhan air anda minimal 30 cc/kg bb/hari dalam keadaan cuaca sejuk .

  1. Buatlah campuran 3 kuntum bunga kenanga kering ditambah 1 gelas air panas, diamkan sampai air menjadi dingin, kemudian diminum setiap hari sejak 2 hari sebelum memasuki daerah endemis .
  1. Pengobatan Malaria :
  1. Pengobatan panas :

– 1 buah jeruk nipis diperas, diambil airnya + 3 buah bawang merah diparut atau ditumbuk + 1 sendok makan minyak kelapa, kemudian tambahkan kira-kira 100 cc air, dipakai untuk kompres pada kepala, sekitar pusat dan lipat paha .

– Minumlah cincau 3 kali sehari @ 1 gelas, sebagai pemanis boleh tambahkan madu atau gula merah

  1. Pengobatan Malaria :

– Bunga Belimbing manis kering 15 – 24 gram diseduh dengan 1 cangkir air panas, diamkan 10 – 15 menit lalu disaring dan diminum dua kali sehari .

  1. Pengobatan anemia : dengan menggunakan campuran madu mawar seperti tersebut diatas .
  1. Mintalah pertolongan Allah SWT . Dalam setiap sakit dan sehatnya seorang mukmin, kedekatan kepada Allah adalah menjadi tolok ukur cinta kepada-Nya . Kecintaan seorang mukmin kepada Rabbnya akan dibalas dengan kecintaan Allah kepada si Mukmin. Allahpun berfirman dalam sebuah hadits qudsiy bahwa Allah mencintai hambaNya yang selalu berusaha mendekati-Nya .

Demikianlah pak Ad yang dirahmati Allah, semoga apa yang saya sampaikan diatas akan memberi solusi atas keluhan yang bapak sampaikan. Akan sangat berbahagia saya jika mendengar bapak dapat sembuh karena kebahagiaan tertinggi yang dirasakan oleh seorang dokter adalah ketika mendengar pasiennya menjalankan petunjuk si dokter dan ketika pasien dapat menjemput kesembuhan dari Rabbnya. Sebaliknya kesedihan yang mendalam bagi seorang dokter adalah jika tidak dapat membantu pasiennya untuk menjemput kesembuhan dari Rabbnya. Sebagai seorang rofiq yang lemah saya hanya bisa membantu seperti ini dan mendoakan bagi kesembuhan bapak. Wallahu muwaafiq wal haadi ilaa sabiilar rasyad.

Sumber: Majalah Sabili No 04/XIX, 24 November 2011.

5 thoughts on “Tanya jawab mengenai Malaria

  1. Assalam mualaikum wr.wb
    Bapak saya mau tanya apakah penyakit malaria bisa sembuh ? Saat ini bapak saya baru terkena penyakit malaria dan thypus. Saya bingung bagaimana cara mengatasi dan bapak saya adalah perokok aktif. Beliau sering memiliki keluhan nyeri dada.. Bagaimana cara menanggulangi dan pengobatannya?

  2. assalamu’alaikum wr.wb.
    bapak saya mau tanya, ibu saya mengidap kanker payudara stadium 4, selama ini beliau hanya konsumsi herbal tapi perubahannya masih jauh dari harapan. mohon bantuan untuk penyembuhan ibu saya, herbal apa yang cocok buat penyembuhan penyakit ini?
    mohon penjelasannya pak dokter.
    terima kasih.
    wassalamu’alaikum wr.wb.

  3. assalamu’alaikum wr.wb.
    bapak saya mau tanya, ibu saya mengidap kanker payudara stadium 4, selama ini beliau hanya konsumsi herbal tapi perubahannya masih jauh dari harapan. mohon bantuan untuk penyembuhan ibu saya, herbal apa yang cocok buat penyembuhan penyakit ini?
    mohon penjelasannya pak dokter.
    terima kasih.
    wassalamu’alaikum wr.wb.

  4. assalamu’alaikum wr.wb.
    bapak saya mau tanya, ibu saya mengidap kanker payudara stadium 4 belum pernah dioperasi, selama ini beliau hanya konsumsi herbal tapi perubahannya masih jauh dari harapan. mohon bantuan untuk penyembuhan ibu saya, herbal apa yang cocok buat penyembuhan penyakit ini?
    mohon penjelasannya pak dokter.
    terima kasih.
    wassalamu’alaikum wr.wb.

  5. Ass dr sayang sering kalau mendrita nyeri haid setelah menikah 4 bln ini, rasa sakitnya di seluruh perut dan diatas vagina dokter rasa sakitnya sering membuat saya demam dan keringat dingon rasa sakitnya buat saya takut apa penyebabnya, tolong saya dokter apa yg sebaiknya saya lakukan saya takut tidak bisa hamil krn nyeri haid ini.sblmnya terima kasih dokter

Tinggalkan Balasan

