Kehati-hatian dalam menjaga perut

Kehati-hatian dalam menjaga perut

a.    makan makanan yang jelas kandungannya, karena yang halal dan yang haram sudah jelas, dengan mengenali secara baik kita dapat meyakini apakah makanan tersebut halal dan thoyyib .
b.    dibuat oleh orang yang kita kenal akhlaqnya baik, produsen yang akhlaqnya buruk akan berlaku tidak jujur tentang kandungan makanan yang dijualnya .
c.    jika ragu, bawalah makanan buatan sendiri, anda bisa menjamin makanan yang anda makan memang cocok dengan kebutuhan anda .
d.    perhatikan kebersihan warung makan, karena kebersihan warung makan merupakan cermin pemrosesan makanan yang bersih .
e.    makan dalam kadar sederhana, sesuai anjuran sunnah .
f.    dengarkan hati nurani, jika anda musti makan sesuatu yang tidak anda yakini keamanannya maka perhatikanlah hati nurani yang tidak akan pernah bohong dalam mengenali segala sesuatu .
g.    berdoalah kepada Allah meminta perlindungan dari makanan dan barang yang haram
h.    pengusaha makanan dan minuman Islam agar berhimpun dan bekerja sama meningkatkan kualitas dan pemasaran bersama agar masyarakat sadar tentang makanan yang halal dan thoyyib .

ALLAH TIDAK MENGABULKAN DOA ORANG YANG MAKAN DAN MINUM DARI BARANG YANG HARAM

11 thoughts on “Kehati-hatian dalam menjaga perut

  1. (Maaf) izin mengamankan KEDUAX dulu. Boleh, kan?!
    Bertul, Kang selain faktor higienis dan fisiknya, faktor2 pembuat makanan juga perlu diperhatikan.
    Saya teringat akan proses pembuatan ‘nasi uduk’ yang akan digunakan sebagai dalam hajatan. Konon, jaman kakek nenek saya, yang memasaknya musti seorang perempuan yang sholehah, biasa beribadah, bisa membaca al qur’an yang dalam keadaan suci (berwudlu dan tidak hadats)

  2. mungkin saya tambahin satu lagi yakni konsumsilah makanan yg halal, baik dari segi makanannya maupun dari sumbernya hehehe..
    tapi informasi yg sangat bermanfaat

    salam, ^_^

  3. Dan sat membeli makanan di warung perhatikan juga itu warung islami (muslim) atau bukan😕 karena kalau masuk warung yang nonmuslim (tidak bisa menjamin halalan toyiban) lebih baik urungkan. Karena saya sendiri sering mendapati seperti itu disini😆
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s