KELUHAN PADA SAAT PUASA

KELUHAN PADA SAAT PUASA

Puasa adalah ibadah yang paling hebat dalam menyehatkan diri . Baik puasa sunnah apalagi puasa wajib memberi manfaat sehat yang luar biasa . Namun selalu saja ada orang yang malah jatuh sakit pada saat berpuasa . Saya sering menerima keluhan bernada protes karena dalam berbagai ceramah saya selalu mengatakan bahwa puasa itu menyehatkan . apa saja keluhan yang lazim terjadi, kenapa dan bagaimana mengatasinya .

1.    Pencernaan
a.    mual-muntah
–    biasanya terjadi pada hari-hari pertama puasa, akan hilang sendiri jika puasa diteruskan . Ini tidak berbahaya, bahkan merupakan Respons positif
–    solusi : selalu makan sahur, banyak minum air pada malam hari dan sahur, hindari makanan yang pedas dan asam, hindari minum es .

b.    diare
–    terjadi pada awal-awal puasa, akan berhenti sendiri, tidak berbahaya, merupakan Respons positif
–    solusi : makan sahur selalu diawali makan buah yang substansinya dingin seperti buah persik, pir, pepaya, melon dll. Cukup minum, terakhir makan 2 jam sebelum tidur, perbanyak makan buah dan sayur yang merupakan sumber utama micronutrient, vitamin dan mineral .

c.    sakit perut
–    pemeliharaan perut tidak dijalankan secara optimal, buka puasa terlalu banyak dan langsung makan sehingga tidak ada penyesuaian pencernaan setelah setengah hari dikosongkan, atau bisa karena makan makan pedas-pedas disertai kurang minum pada waktu sahur .
–    solusi : buka dengan yang hangat-manis, diikuti makanan kecil lalu sholat maghrib dulu, habis sholat baru makan besar, habis tarawih makanan kecil, jagalah kecukupan minum yaitu 30 cc/kg bb/hari

d.    sembelit
–    makan kurang sayuran (kangkung, bayam, daun singkong), kurang minum, makan daging berlebihan, kurang gerak terutama daerah perut dan terutama habis buka .
–    solusi : minum cukup, makan buka ada sayur hijau atau buah sebagai pelengkap, ikuti sholat tarawih karena gerakan rukuk dan sujud dapat membantu proses pencernaan .

2.    Otot dan Persyarafan
a.    badan lemah
–    jumlah makanan kurang sekali, atau makan tinggi karbohidrat kurang protein, kurang serat, kurang tidur, atau terlalu banyak tidur/kurang gerak .
–    solusi : makan buka maupun sahur diusahakan cukup dan komposisinya berimbang, ada extra makanan yg dimakan habis tarawih, pertahankan semangat selama puasa dengan meningkatkan ibadah wajib dan sunnah, lakukan olah raga ringan menjelang buka . usahakan tidur 6,5 jam per hari

b.    sakit kepala
–    penyebab berhenti mendadak minum kopi, kurang istirahat, kurang gerak
–    solusi : kurangi konsumsi kopi anda sejak beberapa hari menjelang puasa, perbaiki istirahat dan lakukan aktifitas seperti biasa .
c.    daya pikir menurun
–    kurang makan, kurang tidur, kurang semangat puasa,
–    solusi : perbaiki jumlah makanan, tidur usahakan 6,5 jam perhari, tingkatkan semangat puasa dengan memperbanyak amal sosial dan amalan sunnah .
d.    nyeri otot
–    kekurangan vitamin atau mineral tertentu,
–    mengatasinya : perbanyak makan buah-buahan dan sayur, jika belum memuaskan minumlah food supplement yang halal
3.    Fungsi Ginjal dan saluran kencing
a.    kencing terlalu sedikit dan kental
–    penyebab : kurang minum, makan daging berlebihan
–    mengatasinya : perbanyak minum, daging/sayur/buah/makanan pokok dimakan dengan komposisi berimbang
b.    sakit pinggang
–    penyebab : mobilitas yang kurang
–    mengatasinya : perbanyak sholat sunnah, jangan mengurangi aktifitas selama berpuasa

4.    Penyakit-penyakit yang tidak boleh puasa
a.    Orang dengan status gizi buruk
b.    Penderita kencing manis dalam 2 masa puasa sebelumnya mengalami penurunan kadar gula yang drastis, kencing manis dengan kadar gula darah lebih dari 300 mg/dl, atau yang terapi insulin injeksi lebih dari dua kali per hari.
c.    Orang yang baru sembuh dari sakit/pemulihan. Puasa bisa dilakukan asalkan dibawah pengawasan dokter/tabib yang mahir.
d.    Penderita penyakit infeksi kronis, penderita kanker dengan penurunan kondisi     umum, penderita anemia berat, penderita gangguan penyerapan/malabsorpsi pada usus .
e.    Penderita gagal ginjal
f.    Penyakit lain yang pengobatan utamanya memberi tambahan makanan .
Semua penyakit-penyakit diatas boleh puasa namun proses puasanya dilakukan bertahap dan dibawah pengawasan dokter/thabib yang mahir. Oleh karena itu, bagi mereka yang menderita penyakit yang tidak diperbolehkan baginya berpuasa, hendaknya berobat kepada dokter/tabib mahir agar dapat segera tertolong sehingga dapat mereguk kenikmatan berpuasa.
g. Wanita hamil tidak wajib berpuasa dan sebagian besar Ulama sepakat yang bersangkutan cukup membayar fidyah saja, maka jika merasa puasa yang dilakukannya akan mengganggu kesehatannya/aktifitasnya/mengganggu perkembangan janinnya maka sebaiknya tidak berpuasa, dan diganti dengan membayar fidyah .

Semoga artikel mengenai KELUHAN PADA SAAT PUASA yang di tulis oleh dr Muhammad Ali Toha Aseggaf bermanfaat dan menambah khazanah tentang ilmu kesehatan .

9 thoughts on “KELUHAN PADA SAAT PUASA

  1. Kalau saya keluhan yang saya alami selama puasa adalah badan lemah dan sakit kepala. Dengan tips diatas akan membantu saya untuk mengatasi masalah2 tsb. Terima kasih infonya.

  2. (Maaf) izin mengamankan KEEMPAX dulu. Boleh, kan?!
    Selalau banyak bonus yang diberikan secara langsung di dunia setiap kita melaksanakan puasa. Belum lagi hadiah utama yang menanti kita di akherat.
    Marhaban ya Ramadan, Marhaban ya Sahrul Siyam

  3. (Maaf) izin mengamankan KELIMAAAX dulu. Boleh, kan?!
    selagi kita ikhlas dan pandai menjaga kondisi, segala keluhan itu semestinya tidak akan pernsah ada.
    Marhaban ya Ramadan, Marhaban ya Sahrul Siyam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s