Puasa Untuk Kesehatan dan Pengobatan

Puasa Untuk Kesehatan dan Pengobatan

Puasa untuk Kesehatan dan Pengobatan Judul yang menarik.Kami akan memposting dalam dua artikel .Rasulullah SAW menyampaikan bahwa perut adalah sumber dari banyak penyakit. Hal ini sudah terbukti secara ilmiah bahwa jika kita tidak mampu menjaga kebiasaan makan-minum, maka ini bisa menyebabkan banyak penyakit, diantaranya adalah seperti :

a.    Mulut dan gigi : gigi berlubang, radang gusi, karang gigi, sariawan, kanker lidah
b.    Tenggorokan : radang amandel, radang kerongkongan, kanker nasopharynx
c.    Saluran makanan/esophagus : radang esophagus, reflux esophagitis,     perdarahan esophagus
d.    Lambung dan kelenjar-kelenjarnya : radang lambung, kembung/dispepsia, kanker lambung, radang pankreas akut
e.    Usus dan kelenjar pencernaan : radang usus kecil, radang usus besar, typhus, paratyphus, TBC usus, batu empedu, infeksi jamur, cacingan, infeksi parasit tertentu, kanker usus besar, kanker rektum, kanker     hati, keracuanan makanan, muntah-diare
f.    Ginjal dan saluran kencing : batu ginjal, radang saluran kencing, batu kandung kemih, kanker kandung kemih
g.    Sistem reproduksi : kekurangan jumlah sel sperma, kelainan bentuk maupun     gerakan sperma, ejakulasi dini, disfungsi ereksi, kelemahan rahim, abortus     berulang, anak lahir cacat, bayi berat badan lahir rendah
h.    Otot, tulang, kulit dan jaringan syaraf : kelemahan otot, tulang keropos, gangguan perasa dan peraba, pengeriputan kulit, kulit bersisik
i.    Jantung dan pembuluh darah : kelemahan otot jantung, penyakit jantung koroner, gangguan irama jantung, radang pembuluh darah balik, radang arteri, kekakuan pembuluh darah dan serangan jantung
j.    Gangguan pada otak : Alzheimer, sindrom parkinson, stroke
k.    Mata : retinopathi/gangguan pada saraf penglihatan, katarak
l.    Telinga : vertigo/pusing, telinga berdenging
m.    Penyakit lain : radang sendi, penyakit penurunan daya tahan tubuh

Dari yang kita sebut diatas ada 63 penyakit tersering yang dialami manusia, berasal dari ketidak mahiran kita dalam mengatur makan-minum. Di luar yang disebutkan diatas masih banyak lagi yang belum dicantumkan. Nabi besar Muhammad SAW memberikan solusi murah dan menakjubkan sebagaimana 2 buah sabdanya :
-”Berpuasalah agar kamu sehat”.
-”Perut adalah tempat berdiamnya penyakit dan menahan nafsu (perut) adalah pokok dari setiap obat. Maka jadikanlah ini kebiasaanmu”

Puasa sebagaimana diketahui memberi manfaat bagi kesehatan tubuh dan jiwa pelakunya. Tidak sedikit komunitas pengguna pengobatan alternatif di mancanegara percaya dan meyakini bahwa berpuasa dapat memberikan keajaiban bagi tubuh manusia. Orang-orang berpuasa akan mengalami perubahan kondisi tubuh, akibat kurang makan dan kurang minum. Kurangnya masukan energi pada orang-orang berpuasa, membuat tubuh melakukan proses autolisis, yaitu penggunaan simpanan lemak dalam tubuh untuk dijadikan sumber energi.

Liver bertugas mengubah lemak menjadi keton, senyawa metabolik asam asetoasetik dan asam betahidroksibutirik. Kemudian mendistribusikannya ke seluruh tubuh melalui aliran darah. Ketika penghancuran deposit lemak terjadi, asam lemak bebas dilepaskan ke dalam aliran darah, dan digunakan sebagai energi. Makin sedikit seseorang makan, makin banyak tubuh mengubah simpanan lemak, makin banyak asam lemak dibebaskan dan makin banyak bahan kimia berbahaya dilepaskan dan dibuang. Hal ini terjadi karena zat-zat beracun pada umumnya diikat dalam deposit lemak. Dengan banyak dilepaskannya zat-zat racun, tentu akan membantu membebaskan tubuh kita dari racun-racun berbahaya.

Dalam berbagai penelitian diketahui manfaat puasa, antara lain dapat mengurangi risiko stroke. Puasa juga dapat memperbaiki kolesterol darah. Kadar kolesterol darah yang tinggi dalam jangka panjang akan menyumbat saluran pembuluh darah dalam bentuk aterosklerosis (pengapuran atau pengerasan pembuluh darah). Bila itu terjadi di otak akan berakibat stroke, dan bila terjadi di daerah jantung dapat menyebabkan serangan jantung. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa setiap hari kita berpuasa dapat meningkatkan kolesterol darah HDL (yang sehat) 25 poin, dan menurunkan lemak trigliserida sekitar 20 poin. Lemak trigliserid merupakan bahan pembentuk kolesterol LDL (yang merusak kesehatan).

Berpuasa ternyata juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Mekanismenya antara lain dengan pengurangan konsumsi kalori akan membuat menurunnya tingkat metabolisme. Buktinya, suhu tubuh orang berpuasa akan menurun, dan itu menunjukkan adanya pengurangan konsumsi oksigen.     Hal ini juga akan mengurangi produksi senyawa oksigen bersifat racun (radikal bebas oksigen). Dilaporkan, sekitar 3% dari oksigen yang digunakan sel akan menghasilkan radikal bebas oksigen, dan itu akan menambah tumpukan oksigen racun, seperti anion superoksida (O2-) dan hidrogen peroksida (H2O2), yang secara alamiah terjadi dalam tubuh.

Kelebihan radikal bebas oksigen itu akan mengurangi aktivitas kerja enzim, sehingga menyebabkan terjadinya mutasi dan kerusakan dinding sel. Ada sekitar 50 penyakit degeneratif, termasuk penyakit jantung dan stroke, yang disebabkan dan diperparah oleh senyawa radikal bebas. Sebuah hasil penelitian di Indonesia menunjukkan bahwa puasa akan menekan produksi radikal bebas sekitar 90%, dan meningkatkan antioksidan sekitar 12%. Jadi, berpuasa berarti akan meningkatkan daya tahan tubuh.

Artikel yang berjudul Puasa Untuk Kesehatan dan Pengobatan ini dilanjutkan pada postingan selanjutnya.

16 thoughts on “Puasa Untuk Kesehatan dan Pengobatan

  1. (Maaf) izin mengamankan PERTAMAX dulu. Boleh, kan?!
    Tapi janganlah berniat puasa karena ingin sehat. Berpuasalah karena Allah. Anggap sehat itu hanya sebagai salah satu bonus dari Allah.
    Hehehehe….

  2. Selain menyehatkan hati dan jiwa, puasa memang untuk menyehatkan fisik. Sewaktu sekolah dulu, guru saya yang beragama nasrani sering melaksanakan puasa demi alasan kesehatan, begitupun dengan rekan2 saya di kantor yang beragama konghucu, lebih senang melaksanakan puasa demi pengobatan yang efisien denga pola pengaturan pola makan yang teratur dan membersikan sel-sel enzim negatif yang bersarang di dalam tubuh

  3. Alhamdulillah sudah mendekati bulan ramadhan, saya sudah siap untuk berpuasa 30 hari penuh, ternyata banyak efek positifnya juga ya bagi kesehatan, terima kasih gan atas infonya…

  4. Ping-balik: Puasa Untuk Kesehatan dan Pengobatan « Rumah-sehat afiat's Blog

  5. Ping-balik: Puasa Untuk Kesehatan dan Pengobatan | Kumpulan Informasi Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s