Ramuan sederhana

Ramuan Sederhana

Assalamualiakum, kawan-kawan para narablog dan pembaca setia Rumah-sehat afiat. Kali ini kami memposting dengan Judul Ramuan Sederhana. Seringkali kita dihadapkan pada penyakit-peyakit yang mungkin diangap enteng namun kehadiran peyakit tersebut di sekujur tubuh kita merasakan ganguan yang berakibat menurunya semangat bekerja kita karena tergangu oleh Penyakit tersebut dan berikut ramuanya di bawah ini. Insya Allah kami akan menambahkan sedikit demi sedikit di halaman ,HERBAL MEDICE , Tisps Sehat.

Berikut contoh Ramuan sederhana :

Masuk angin biasa ditandai dengan terganggunya alat pernapasan dan pencernaan. Perut kembung, mual, muntah, batuk, pilek, dan sariawan merupakan beberapa dari tanda-tanda itu. Berikut ini beberapa ramuan untuk mengatasinya.

Dalam pola pengobatan Nabi SAW yang dikembangkan para dokter Islam ada 7 Penyebab orang sakit diantaranya disebabkan udara/masuk angin, masuk angin biasanya terjadi pada perubahan iklim dimana seseorang diserang oleh angin kencang bisa angin panas ataupun angin dingin . Angin panas biasanya disertai debu yang kering dan terjadi pada saat musim panas sehingga menyebabkan seseorang mengalami sakit yang bercirikan panas dan kering . Sedangkan angin pada musim dingin menyebabkan sakit yang bercirikan dingin dan basah ataupun dingin dan kering . Saya akan menjelaskan bagaimana membedakannya pada kesempatan lain .

Beberapa ramuan untuk mengatasi masuk angin pada anak, pada tahap awal dari kesakitan, jika dalam 24 jam tidak ada perkembangan dan atau dalam 3 hari tidak sembuh konsultasikan ke dokter atau tabib yang mahir .

Gangguan Pernapasan
Keluhan seputar sakit di saluran pernapasan paling umum menimpa anak-anak, terutama di musim hujan atau pancaroba. Petunjuk umum adanya gangguan di sistem pernapasan adalah batuk, demam, kesulitan bernapas, bersin, rasa tidak enak pada tenggorokan atau dada, nyeri dada, bibir membiru, serta suara mendengkur saat bernapas.
Berikut ramuan untuk mengatasinya.

Pencernaan
1. Sariawan
1 jari rimpang temulawak diiris tipis-tipis + 1 jari asam + 1 ½ gelas air, dimasak mendidih sampai air tinggal 1 gelas, angkat  dinginkan, tambahkan madu secukupnya, diminum pagi ½ gelas dan sore ½ gelas + gula aren .

2. Kembung dan Mulas
15 helai daun delima putih, dicuci dan ditumbuk tambahkan 3 gelas air, dimasak hingga air tinggal 1½ gelas, dinginkan, saring diminum 3 X sehari @ ½ gelas .

3. Cacingan
ambil 3 jari rimpang jahe, potong tipis-tipis+ 3 gelas air, rebus hingga air tinggal 1 ½ gelas, dinginkan, saring, tambahkan 1 sendok makan madu murni, aduk rata, diminum 3 X sehari @ ½ gelas . Atau
2 sendok makan biji pepaya lumatkan, tuang 1 gelas air panas, diamkan 10-15 menit, saring,  dinginkan, tambah 1 sendok makan madu, minum sekaligus setiap pagi perut kosong lakukan hingga sembuh.
4. Sembelit
Kupas 20 gram daun lidah buaya masukkan dagingnya dalam sebuah wadah, tambahkan 1 – 2 sendok makan madu, aduk rata, minum tiap pagi dan sore hingga sembelit hilang.
1 jari rimpang temulawak cuci, potong tipis-tipis, tambah 1 gelas air, masak hingga air tinggal ½ gelas, dinginkan, saring, tambahkan madu 1 sendok makan, aduk rata, minum sekaligus, diminum pagi hari perut kosong, lakukan tiap hari hingga sembuh .
5. Diare dan Muntah
3 sendok teh adas dihaluskan + 5 lembar daun jambu biji yang dipotong kecil-kecil + 10 cm kulit batang pulasari, tambahkan 3 gelas air, masak hingga air tinggal separuhnya, dinginkan, saring, diminum 3 X sehari @ ½ gelas . Boleh tambahkan madu tiap akan minum 1 sendok makan
20 helai daun salam dihaluskan, tambahkan 2 gelas air, masak hingga air tinggal separuh, dinginkan, saring, diminum pagi dan sore @ ½ gelas, teruskan sampai sembuh .
6. Kurang Nafsu Makan
10 lembar daun pegagan + 3 gelas air, masak sampai air tinggal separuhnya, dinginkan, saring, diminum 3 X sehari @ ½ gelas, tambahkan 1 sendok makan madu kedalam ½ gelas larutan setiap kali akan diminum .
1 jari rimpang temulawak dipotong tipis-tipis + 10 gram asam jawa + 3 gelas air, dimasak sehingga air tinggal 1 ½ gelas, tambahkan  30 gram gula merah, aduk rata, dinginkan, saring, diminum 3 X sehari @ ½ gelas .

7. Batuk
30 gram bawang putih, kupas, lumatkan + 25 gram gula batu + 1 gelas air matang, diamkan selama 5 jam, lalu saring, 1X sehari @ 1 sendok makan.
8. Asma
1 batang rimpang alang-alang dan 1/2 jari rimpang kencur dipotong tipis-tipis + 5 lembar daun sirih yang sudah ditumbuk + 1 gelas air, dimasak hingga air tinggal ½ gelas + 1 sendok makan madu + 1 sendok teh air jeruk nipis, aduk hingga rata,
minum sebelum tidur, sebanyak 1/2 gelas.
9. Demam
3 buah umbi bawang merah dipotong tipis-tipis + 2 sendok makan minyak kelapa +  ½ sendok makan minyak kayu putih + 1 iris buah jeruk nipis. diaduk rata,  Gosokkan pada ketiak, perut, dan kepala, lakukan sebagai kompres, sampai panas turun . untuk membersihkan sisa-sisa, lakukan dengan dilap memakai air hangat .
10. Pilek
5 jari rimpang jahe + 5 buah bawang merah + 5 buah bawang putih, potong kecil-kecil + 2 gelas air, masak hingga air tinggal separuhnya, dinginkan, saring. Minum 2 X sehari @ 1/2 gelas.

Gimana kawan-kawan ,apakah ingin mencobanya ? ya kembali ke alam . Sepertinya bahan-bahanya mudah didapat dah. Aku admin dari Rumah-sehat afiatpun sedang belajar memanfaatkan Tumbuh-tumbuhan yang ada. Tapi kalo pengen dapet yang mudah. Kamipun meyediakannya. Tapi datang saja Ke Rumah-sehat afiat, segera konsultasikan keluhan anda di Rumah-sehat afiat. Semoga bermanfaat Ramuan sederhana ini

Wassalam

23 thoughts on “Ramuan sederhana

  1. Pak …
    Saya bertanya …
    Jika sering sekali “Bersendawa” (glegean dalam bahasa Jawa) … apakah itu gejala masuk angin juga ya ?

    Soalnya saya sering Sendawa pak … (kadang keras pula), padahal tidak sedang kekenyangan lho …

    saya sampe malu sama orang disebelah saya …🙂

    Salam saya

  2. Wah didepan rumah dan dikebun saya ada ga ya. kalo ga ada nanem rempah-rempah dah.jadi kalo nanti sakit dikit tinggal ngambil di kebon. Tapi kebunku. dah ga ada. di pekarangan rumah aja dah nanemnya. kalo ga ada ya udah beli herbalnya di Rumah-sehat afiat aja dah

  3. Assalaamu’alaikum Sobat Sehat

    Alhamdulillah, nggak susah banget ya ramuan obatnya. senang juga diperolehi dalam rumah. Terima kasih sudah berbagi ilmu yang bermanfaat.

    Salam sehat selalu.

  4. Selamat siang rumah sehat, wah cocok sekali dengan yang sering saya alami, saya sering perjalanan jarak jauh yang fasilitasnya selalu Ac siper dingin dan bolak balik masuk angin, sok atuh apa yang paling tokcer tapi jangan buat sendiri krn waktunya nggak ada beli aja dari rumah sehat, sok atuh obat apa yang cocok, trims ya ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s