MUKJIZAT BEKAM

MUKJIZAT BEKAM

I.    Pendahuluan

Nama lain al-hijaamah, disebut pula kop/cantuk/cupping .

Metode ini adalah metode pengobatan yang istimewa. Meskipun bekam bukan tindakan pengobatan yang merupakan ide orisinal Rasulullah SAW, karena bekam telah ada sejak sebelum Rasulullah SAW, akan tetapi Beliau SAW menjadi saksi kebenaran akan manfaat dari bekam. Sejak dianjurkan oleh Rasul SAW, maka bekam menjadi masyhur di kalangan umat Islam. Dengan kedatangan Islam berbagai khurafat di seputar bekam dihilangkan dan kebersihan ditingkatkan, bahkan Rasulullah SAW menganjurkan titik-titik tertentu yang memiliki manfaat bagi kesehatan.Demikianlah di masa Islam bekam telah menjadi metode pengobatan alami yang bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Secara praktis prinsip ilmiah dari berbekam adalah membuang toksin dan sel-sel darah yang rusak akibat pengaruh/intervensi radikal bebas. Sel darah yang diintervensi radikal bebas biasanya akan lebih panjang umurnya namun tidak mampu menjalankan fungsinya dengan baik, sehingga dia akan mengganggu faal tubuh. Allah telah mengatur suatu mekanisme dalam tubuh kita yaitu bila ada sel-sel yang mati maka tubuh akan menggantinya dengan sel-sel baru yang vital .  Karena sel yang diintervensi radikal bebas tidak bisa mati dan tertimbun pada lapisan kulit kita, maka agar fungsinya dapat digantikan oleh sel-sel muda yang potensial, sel-sel tersebut kita keluarkan secara paksa dengan cara di bekam, dan keadaan ini akan merangsang sumsum tulang untuk memproduksi sel-sel darah baru yang vital. Demikianlah logika manfaat berbekam .

Anjuran berbekam adalah anjuran pengobatan yang datang dari langit. Rasulullah SAW memerintahkan kita untuk berbekam, karena pada waktu mi’raj, Beliau mendapat pesan dari para malaikat agar ummat Muhammad SAW membiasakan diri berbekam. Manfaat bekam bagi kesehatan yang menonjol adalah memberi efek detoksifikasi yang nyata.

Dalam pemeriksaan laboratorium di Mesir ditemukan bahwa darah hasil pembekaman terdiri dari sel-sel darah yang bentuknya abnormal dan banyak yang merupakan darah rusak, yang dalam istilah medis disebut anisositosis dan poikilositosis. Hal  ini berarti bahwa selama proses pembekaman orang dibebaskan dari sel-sel darah yang rusak, yang tentu saja tidak berfungsi atau bahkan mengganggu kesehatan, sehingga seberapapun volume darah yang dibuang, tidak akan menyebabkan kelemahan tubuh, tapi bahkan menyebabkan meningkatnya status kesehatan seseorang . Dalam penelitian sederhana yang kami lakukan ternyata gambaran mikroskopik darah bekam berbeda secara meyakinkan dibanding gambaran darah dalam sirkulasi pada pasien yang sama pada waktu yang bersamaan . Ini berarti darah yang diambil pada saat pembekaman mempunyai sifat yang berbeda dengan darah hasil pembekaman . Meskipun demikian penelitian skala besar akan kami lakukan dalam waktu dekat ini untuk mencari jawab yang lebih tepat atas fenomena ini .

Orang yang melakukan bekam secara teratur akan mendapatkan manfaat yaitu sel-sel darah yang tidak vital bisa disingkirkan, dapat terbebaskan dari radikal bebas atau racun-racun sisa metabolisme dan racun yang didapat akibat polusi/detoksifikasi.

Sebenarnya Allah SWT telah menciptakan anti oksidan alami yang sudah built-in dalam tubuh manusia, namun karena perilaku hidup kita yang tidak sehat menyebabkan anti oksidan yang sudah ada secara alami dalam tubuh kita mengalami penurunan sehingga tidak mampu mengeliminasi radikal bebas yang masuk, atau tidak mampu menanggulangi radikal bebas yang masuk dalam jumlah besar kedalam tubuh kita. Jadi kegagalan eliminasi ini adalah karena banyaknya radikal bebas yang masuk dan karena kondisi fisik kita yang tidak terpelihara menyebabkan daya tahan tubuh yang menurun, kerusakan akibat radikal bebas pada tubuh manusia modern makin hari makin memprihatinkan .

Satu hal yang tidak kalah pentingnya sebagai manfaat dari bekam adalah tubuh akan terangsang membentuk sel darah baru yang vital dengan jumlah yang cukup . Bekam juga terbukti dalam praktek bisa membantu menormalkan kadar kolesterol dan asam urat darah, meringankan kerja jantung, ginjal, dan liver sehingga badan akan lebih sehat dan bugar.

Namun demikian tidak semua penyakit bisa disembuhkan dengan berbekam, dan tidak semua orang boleh dilakukan pembekaman. Demikian pula pembekam diperlukan pelatihan dan pemahaman yang benar tentang anatomi titik bekam, fisiologi bekam, dan tentang patofisiologi penyakit sehingga bisa memilah mana yang bisa diobati dengan metode bekam dan mana yang tidak bisa . Ahli bekam juga harus mengerti masalah kesehatan, dan selalu mengikuti perkembangan ilmu kedokteran modern maupun tradisional, agar dapat memberikan pelayanan yang benar dan bisa dipertanggung jawabkan.

Pembekaman yang dijelaskan di sini adalah bekam basah, yaitu dengan penorehan pada kulit. Penorehan dilakukan di superfisial kulit, hal ini karena kulit adalah jaringan yang menutupi seluruh permukaan tubuh. Seluruh kulit menerima peredaran darah, dan ujung-ujung pembuluh darah yang berakhir pada pembuluh darah rambut/kapiler, berada di lapisan bagian atas kulit, maka secara otomatis semua toksin yang masuk ke dalam tubuh dan sel-sel darah yang rusak dalam tubuh kita akan menumpuk di lapisan atas kulit. Dengan mengeluarkan darah yang rusak akibat intervensi oleh radikal bebas dan mengeluarkan toksin yang menumpuk pada pembuluh darah rambut/kapiler, diharapkan kita akan terbebas dari bahaya yang diakibatkannya yang tentunya akan memberi manfaat yaitu badan menjadi lebih sehat.

Racun-racun yang dikeluarkan bersama darah bekam berasal dari segala bentuk proses yang menyebabkan terjadinya radikal bebas. Ada beberapa sumber radikal bebas yang perlu dipahami, yaitu sebagai berikut :

1.    Polusi udara
2.    Asap rokok
3.    Radiasi elektromagnetik (hand-phone, televisi, komputer, dll.)
4.    Sisa metabolisme
5.    Bahan-bahan tambahan pada makanan dan minuman
6.    Proses pengolahan makanan
7.    Bahan makanan yang berubah struktur kimia dan fisika akibat
penyimpanan
8.    Hasil pertanian yang mengandung banyak bahan kimia dan
pestisida
9.    Gangguan metabolisme akibat penyakit menahun .

Yang lebih bahaya adalah sisa-sisa bahan kimia dari obat yang kita minum yang menumpuk dan memberikan beban kerja yang berat kepada organ tubuh kita sehingga mengganggu fungsi ginjal, hati, sumsum tulang dan lain-lain . Akibatnya peran ginjal sebagai organ filtrasi terganggu, peran hati sebagai organ yang bertugas mendetoksifikasi racun akan makin menurun karena kelelahan bekerja, begitu pula sumsum tulang akan mengalami depresi yang dapat mengakibatkan anemia aplastik . Masyarakat kita tidak bisa meninggalkan ketergantungannya terhadap obat kimia karena mereka tidak mengetahui dan meyakini manfaat dari obat penggantinya. Setiap hari mereka mendapat bombardemen iklan obat yang membentuk imej seolah-olah mereka tidak bisa hidup tanpa obat kimia . Intoksikasi kronis dari bahan-bahan obat terutama obat kimia diduga mengakibatkan penyakit degeneratif, keganasan, dan penyakit metabolik. Efek lain yang juga merugikan adalah menurunnya produksi sperma sehingga tak dapat membuahi (azoospermi), bentuk dan atau gerakan sperma yang tidak normal, kelemahan umum, disfungsi ereksi, menurunnya daya ingat, gangguan fungsi hati maupun ginjal, gagal jantung, kekakuan pembuluh darah, matinya bakteri yang bermanfaat bagi kesehatan dalam usus, depresi, stress, menurunnya sistem kekebalan tubuh, jerawat, eksim, kanker kulit, psoriasis, kemandulan pada wanita dan lain-lain penyakit akibat terlalu banyaknya seseorang mengkonsumsi obat kimia . Pada prinsipnya saya tidak menolak obat kimia sepenuhnya, namun saya ingin menunjukkan bahwa mengkonsumsi obat kimia secara sembarangan memberikan efek yang berbahaya bagi tubuh .

27 thoughts on “MUKJIZAT BEKAM

  1. apa sih bekam? waduh,oot banget saya ini….😦
    intinya mengeluarkan darah kotor kita ya mas/mbak?
    terus itu bisa dilakukan sendiri atau harus ada bantuan orang lain… hehehe….

  2. terima kasih pak informasinya
    saya dah berapa kali di bekam
    alhamdulillah sakit maag saya jarang kambung lagi dan badan terasa fit

  3. ksqmijxyhcpuwun http://uxzjccmluzesvlh.com [url=http://sumprensmleiosx.com]kvofyzuywltddgw[/url]
    ksqmijxyhcpuwun http://uxzjccmluzesvlh.com [url=http://sumprensmleiosx.com]kvofyzuywltddgw[/url]
    ksqmijxyhcpuwun http://uxzjccmluzesvlh.com [url=http://sumprensmleiosx.com]kvofyzuywltddgw[/url]
    ksqmijxyhcpuwun http://uxzjccmluzesvlh.com [url=http://sumprensmleiosx.com]kvofyzuywltddgw[/url]
    ksqmijxyhcpuwun http://uxzjccmluzesvlh.com [url=http://sumprensmleiosx.com]kvofyzuywltddgw[/url]
    ksqmijxyhcpuwun http://uxzjccmluzesvlh.com [url=http://sumprensmleiosx.com]kvofyzuywltddgw[/url]
    ksqmijxyhcpuwun http://uxzjccmluzesvlh.com [url=http://sumprensmleiosx.com]kvofyzuywltddgw[/url]
    ksqmijxyhcpuwun http://uxzjccmluzesvlh.com [url=http://sumprensmleiosx.com]kvofyzuywltddgw[/url]
    ksqmijxyhcpuwun http://uxzjccmluzesvlh.com [url=http://sumprensmleiosx.com]kvofyzuywltddgw[/url]

  4. mbk aku juga bisa bekam,uda byk pasien yg aku tangani tpi aku pengen mendalaminya lagi gimana caranya agar bisa mengikuti seminar2nya .

  5. seperti attaya, apa bekam = donor darah? seumur2, baru sekali dibekam dan sekali donor… hmm jadi kudu teratur eaa..

  6. sy sdh bekam krg lbh 4x. Alkhamdulillah, pd wkt yg ke-3x efek nya ruar biasa..
    bs menghilang kan sakit pinggang..

  7. hijamah adalah pengobatan yang diwahyu Allah pada nabinya,sebagai mana sabdanya ”pengobatan yang paling ideal kalian lakukan adalah hijamah” jangan ragu untuk berbekam,dan jangan jadikan hijamah ini sebagai alternatif,artikel sangat bagus sekali dengan kajian ilmiahnya….yu berbekamlah..

  8. Appreciating the time and effort you put into your site and detailed information you
    present. It’s awesome to come across a blog every once in a while that isn’t the same unwanted rehashed information.
    Wonderful read! I’ve saved your site and I’m including your RSS feeds to my Google account.

  9. saya rutin setiap bulan di bekam, awalnya ragu2 waktu ibu saya dibekam tapi setelah sholat ashar ada keyakinan hati untuk ikut dibekam karna memang saya didiagnosa punya gejala sakit tertentu saya baru 2x dibekam alhamdulillah sudah terasa khasiatnya sambil tetap ikhtiar dan berdoa serta dibantu obat herbal, saya tidak mengkonsumsi obat kimia atau dari dokter. dengan adanya info ini makin menguatkan saya untuk dibekam serta mengajak teman-teman saya untuk dibekam. terimakasih,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s