Mengatasi Sering Kencing malam (ngompol)

Mengatasi Sering Kencing malam (ngompol)

Assalamualaikum Wr wb.

Saya seorang anak dari 6 bersaudara, dari mulai kecil hingga besar (kini 16 tahun) , kenapa air kencing saya tidak bisa  berjalan normal. Hampir setiap malam kasur saya selalu basah dengan air kencing ,padahal setiap akan tidur malam saya selalu kencing dulu dan tidak minum air.Jikalau disebabkan digin ,juga tidak mungkin karena walaupun ramalan cuaca panas  juga  masih tidak normal bahkan kalau bulan ramadhan pun juga tetap begitu .apakah ada kelainan pada tubuh saya dan bagaimanakah cara pengobatannya sesuai prinsip thibbun ? Terima kasih atas jawabannya.

Wa’alaikumussalam wr. wb
Segala puji bagi Allah yang sangat kuat kerajaanNya , dan sangat jelas bukti-bukti kekuasaan-NYa . Shalawat dan salam atas Junjungan kita Nabi muhammad saw, manusia pilihan dan nabi terakhir , penutup dari semua Nabi.

Sayang surat ini tidak menjelaskan jenis kelamin dari pengirimnya , namun baiklah saya coba terangkan penyebab dari cara mengatasi  ngompol/enuresis ini. Ngompol pada remaja bisa karena produksi urine yang banyak atau adanya kelemahan otot sphinciter semacam klep dari kandung kemih atau kurang mampunya seseorang dalam pengendalian diri .Remaja yang mengalami ngompol berulang tidak boleh dimarahin dan harus ditanamkan keyakinan dan dukungan keluarga kepadanya,jika tidak maka perasaan stress pada saat tidur akan mendorong penderita  enuresis ini untuk kembali ngompol lagi,demikian seterusnya.

Cara menanggulangginya adalah sebagai berikut :

1. Secara Psikologis orang tua harus memberikan dorongan moril yaitu jangan di persalahankan jika ngompol
2. Berkemih sebelum tidur
3. Membaca doa sebelum tidur bismikallohuma ahya wabika amuut.
4. Tirulah cara Nabi saw tidur yaitu miring ke kakanan dengan tanggan di bawah kepala
5. Perlu dilakukan pijat refleksi ,jika belum tertolong , maka pengalaman saya dengan akupuntur akan memberikan efek positif
6. Obat yang diminum adalah :
 * 1 sendok teh jintan putih
 * 1 sendok teh bubuk cengkih
 * 1 sendok teh bubuk lada hitam
 * 250 cc madu

Cara membuatnya :
ketiga bubuk di campur, diaduk rata ,kemudian tambahkan 250 cc madu, diaduk sampai rata Diminum 2 X sehari @1 sendok teh ,pagi dan sore
7. Berdoalah minta pertolongan kepada Allah
8. Bersabarlah atas ujian ini,Allah pasti menolong hamba-Nya yang berusaha dengan  sungguh-sungguh  dan dengan penuh kesabaran
Selamat mencoba dan semoga berhasil . Jika masih belum berhasil, silahkan menghubungi saya untuk tuntunan lebih lanjut.

Sumber: Diambil dari buku Ketika Nabi   Sakit (Resep Hidup Sehat Sesuai Sunnah Rasullah) ditulis oleh :

dr.  Muhammad  Ali Toha Assegaf , pengkaji Kedokteran Islam dan Penulis Buku Smart Healing  kiat  Hidup Sehat Menurut   Nabi

42 gagasan untuk “Mengatasi Sering Kencing malam (ngompol)

  1. pak kalo saya kencing nya gak ada batas nak pagi ato malam suka kencing
    gimana nih pak ? saya sebenarnya sakit apa?

  2. saya sudah 19th tapi masih suka mengompol,bagaimana cara mengatasinya?
    saya malu ,tidak percaya diri setiap tmn mengajak nginap T.T

  3. saya sudah 16th (wanita) dan masih ngompol, bagaimana cara untuk bangun dari tidur biar tidak ngompol?
    tolong dijawab dokter, terima kasih

  4. umur sy 25 thn (wanita),di saat sy mw datang bulan air kencing sy kluarnya sakit skali dan air seni nya kluar sangat sdkt sekali.apakah sy ada mengidap penyakit ?thanks jawaban nya.

  5. pa umur saya 12 tahun saya suka kencing malam terus saya ada penyakit tipis kata mama saya saya bayii dulu kontol saya nak di operasi setiapa saya main bola selalu kencing kasur terus

  6. 2 mlm brturut” sya ngmpol, tdk mrasakn apapun ktika air kemih kluar bru sya mrasa klw ngpol. gmna cra ngtasinya?

  7. umr 16. 2 mlm brturut” sya ngmpol, tdk mrasakn apapun ktika air kemih kluar bru sya mrasa klw ngpol. gmna cra ngtasinya?

  8. Sy ibu 27 thn .sdh pernah meminum racikan yg dsb d atas.tp hasilnya nihil.klo tdr 2-3jam skali bangun bak.tp kadang2 jg g bangun jd ngompol.pernah foto rontgen hasilny smua bgus tp ada gangguan fungsi mictae.maksdy apa y dok!trimakash sbelumnya

  9. umur sya udh 14 th,tp sya mash ja ngompol,setiap hri lgh,
    ortu sya slalu aja ngomel.in sya,gra” sya msh ngompol.
    dan terus sekarang di dekat kemaluan sya ada benjol.an,aph gra” sya sering ngompol ya?tolong dong d’bntu dan d’jawb.

  10. kalau terlalu sering kencing itu penyebabnya apa ya…tidak cuma di malam hari saja, setiap habis minum selalu berasa pengen ke kamar kecil..apakah berbahaya..?dan apakah bisa diatasi dengan ramuan herbal diatas?terimakasih…

  11. Saya dari malysia, sy dah berumur 24 thun (female) kerap kencing malam, iaitu semasa tidur,, sy masih belajar tetapi,, malu sangat kalau teman2 sya tahu msalah sy,, apakah ubat yg paling mujarab ?

  12. dok, saya punya anak cewek umur 3thn. ngomongnya sudah jelas. cuma waktu kencing dan BAB anak saya tidak ngomong. pas ngomong udah basah celananya. itu terjadi saat tidak dalam keadaan tidur. bagaimana dok cara mengatasinya ? terima kasih

  13. pa kenapa ya kan setiap mlem saya suka minum es 2 kali truz saya uda kencing truz, truz ada lg yg beda setiap mimpi ngompol saya suka ngompol truz di malam hari truz gmana dong itu dok

  14. asslamualaikum .
    sya wanita brumur 17th, saya ingn brtnya bgmana cra mengatasi pnyakit ngmpol sya dok .
    saya trkadang tdak sdar bhwa sya ngmpol, trkdang juga krna mimpi pipis lalu sya jadi ikut pipis bneran .gmana solusinya ? sya malu jika tman” sya tau tntang sifat buruk ini .mhn kmentarnya

  15. dok,,umr sya 13 thn,,tpi sya jka tdur mlam kdang2 ngmpol,,,jdi gak PEDE kalau tmn ngjak nginep,,,tlong komennya dok,,,

  16. asalamm’ualaikum..
    pak saya punya teman umurnya 17 tahun tapi dia kencing-kencing terus-terus menerus gimana ya cara utntuk enggak kencing lagi pak,dia tuh bulak-balik kekamar mandi mulu.

  17. Aaslm..nama saya aidah umur 24 thn..kepalaku sering pusing tapi tidak sakit d kepalanya..tapi sering mual dan muntah..sudah berobat kemana mana tpi blm sembuh sembuh..mohon solusinya apa obatnya..wasslam

  18. Cerita saya sama dgn , cerita yang di atas.
    Umur saya sdh 16 tahun tetapi saya masih saja mengompol, sehingga setiap hari saya di marahin orang tua, karena itu saya slalu berusaha agar malam saya tidak mengompol, tapi selalu saja saya mengompol. Bagaimana caranya untuk mengatakan kepada orangtua .

  19. Adik saya udh besar udh kls 4 sd,tpi kox masi ngompol malam,
    udh bagai makan obat,
    obat cancir kera udh di minum,madu tiap hari dgn anak nya,tpi ngapa blm ilang ngompl nya

  20. ass..
    saya seorang wanita berusia 19thn, dridulu saya sering mengompol di kasur ketika saya mimpi sedang buang air kecil, kata ibu saya kemungkinan itu tanda tidak bsa mempunyai anak,karena hal tsb sama seperti bibi saya.
    pdahal bulan ini saya akan menikah,dan saya tidak mau jika tidak mempunyai keturunan.
    apa semua itu benar pak?

  21. assalamualaikum wr wb
    sy seorang ibu mempunyai anak laki2 berusia 10th tp sampai skrng msh ngompol dimalam hari yang otomatis sy harus mengeluarkan biaya bulanan buat beli pampers. Berbagai usaha sdh sy lakukan spt: diurut sama paraji ampe 3x (kandung kemihnya di ke atasin), bodongnya/udelnya di gigitin sama capung,di hypnoterapi, diterapi pijat kaki tangan,punggung dikasih obat herbalnya juga. setiap mau tidur selalu pipis dl, gak banyak minum, cuci kaki/tangan/muka,berdo’a sblm tdr. Pernah dlm 1 mlm sy tdk tidur semalaman hanya untuk membangunkan anak sy untuk pipis tiap 1jam 1x,kesalnya sekitar jam 2 mlm hrsnya sy bangunkan jam 3 eh jam 2.30 udah pipis,ahirnya sy nyerah sudah semua jalan/cara sy lakukan tp hasilnya nihil. Ataukah memang ada faktor genetik juga? soalnya Bpknya juga slalu pipis,dalam 1 bln tuh bisa 2-3x pipis,ayah dr bpknya jg bgt/kakeknya anak sy,katanya ada masalah dikandung kemihnya,jd sy harus bagaimana ya?
    mohon bantuannya,trim’s
    wassalam wr wb

  22. saya berumur 13thn saya masih aja ngompol kadang iri ma tmn” klo liat mereka udh gx pada ngompol,saya udh pusing mendengar omongan ortu klo saya masih ngompol padahal saya udh besar knp msih ngompol tolong jawab trs saya mau tanya cari bubuk jintan putih di mana ya

Tinggalkan Balasan

