Mengatasi Anak sesak nafas

Mengatasi Anak sesak nafas

Assalamu’alaikum wr wb

Dokter , anak saya putri berumur 18 bulan, hampir setiap bulan diserang batuk dan pilek. Setiap kali batuknya kambuh ,ia susah sekali nafas apalagi pada malam hari , nafasnya sampai berbunyi  dan apabila batuk  biasanya disertai muntah .Saya selalu periksa ke dokter .Dokter bilang hanya batuk biasa dan tidak ada yang berbahaya .Lalu dokter memberi resep,begitu seterusnya . Yang jadi masalah bagi saya adalah saya takut terlalu sering mengkomsumsi obat kimia (terutama anti biotik) akan berpengaruh buruk terhadap anak saya .apalagi usianya masih terlalu kecil .Perlu saya beritahukan kepada dokter bahwa selama 2 tahun ini kami selalu tinggal berpindah-pindah (2 minggu 1 kali) dari udara sejuk (dibawah kaki gunung Kerinci ) ke udara yang lebih panas atau sebaliknya.

Pertayaan Mengatasi anak sesak nafas

1. Bagaimana saya mengobati batuk dan pilek dan anak saya tanpa obat-obatan kimia ?
2.Apa yang seharusnya saya lakukan supaya batuk dan  pilek  anak saya tidak/jarang kambuh lagi?
3. Jika batuknya meyerang apa sebaiknya dilakukan supaya nafasnya tidak sesak ?

Jawaban dokter sangat saya harapkan.Jazakallah khairan katsiran

Segala puji hanya Allah Tuhan sekalian Alam, sholawat dan salam atas junjungan kita Nabi Muhammad saw. Bunda Hilwa alangkah bahagianya ibu sudah dikaruniai anak, sayang datanya kurang lengkap terutama badan dan tingginya
,serta sejauh mana kemampuannya sekarang,apakah sudah bisa omong, sudah bisa jalan ? Kenapa semua itu ditanyakan karena memberikan obat kepada Anak harus mempertimbangkan semua hal ini. Saya sangat prihatin bila anak sejak bayi sudah harus akrab dengan obat kimia , apalagi anti biotika .Tapi sekarang belom terlambat .Baiklah saya coba jawab,kalau anak sering sakit itu artinya daya tahannya rendah ,oleh karena itu tingkatkan daya tahan tubuhnya ,caranya:

1. Tingkatkan daya tahan tubuh , berikan susu+madu pagi sore
2. Usahakan diberi buah pisang setiap hari sekurangnya 1 potong pisang ambon ukuran sedang /kira-kira panjang 12 cm dengan diameter kira-kira 3-4 cm ,ini untuk menambah kalsiumnya
3. Berikan perasan 2 butir Tomat buah ukuran sedang jadikan 1 cangkir ,sebagai pemanis berikan madu 1 sendok teh , berikan sehari sekali .Dengan semua ini Insya Allah akan jarang sakit
4. Jika batuk meyerang maka berikan ekstra oralit 1 sachet dibuat 2gelas ,minumkan sedikit-sedikit
5.Untuk mengatasi hidung tersumbat ,buatlah larutan garam dapur ,1/2 sendok teh garam dapur ditambah 4 sendok makan air matang ,kemudian ambil larutan tadi dengan kapas ,lalu teteskan 1 tetes pada hidung yang tersumbat ,tiap jam sekali
sampai hidung tidak tersumbat lagi .

Demikianlah kalau sudah meningkat daya tahan tubuhnya insya Allah tanpa obatpun teratasi .Percayalah yang meyembuhkan kita dari kesakitan bukan obat ,bukan pula dokter .Allah adalah Thabib yang maha Agung , saya berdoa untuk kesehatan ibu sekarang
Wallahu a’alamu bish shawab

Diambil dari Konsultasi kesehatan oleh dr Muhammada Ali Toha Assegaf

Semoga Artikel tentang mengatasi anak sesak nafas ini bermanfaat

25 thoughts on “Mengatasi Anak sesak nafas

  1. (Maaf) izin mengamankan PERTAMAX dulu. Boleh, kan?!
    Kesehatan datangnya dari Allah dengan perantara daya tahan tubuh yang meningkat segala penyakit niscaya akan sembuh.

  2. trims ats infox. sya jg px ank umr 2 thn. tba2 dia kna batuk pilek. stlah 2 hari btk plek, skrng mlah dsrtai ssak nfs. sya ingin tanyakan apa obt ssk nfs yg almi?

  3. Assalamuallaikum…
    maaf apa saya ikut curhat di sini,
    putri saya Jihan 15 bulan tinggi 74cm,berat 9,3kg, berat waktu lahir 3kg. Sudah bisa jalan sejak umur 11bulan, sudah bisa panggil abah sejak umur 7bulan tp sampe sekarang dia cuma bisa picara satu kata dan belum terlalu banyak kosakata.
    Sudah sebulan ini kadang anak saya suka susah bernafas, cuma beberapa detik sih sesaknya, tp kadang dia sampe pukul dadanya krna sesak nafasnya. Ini terjadi seminggu dua kali. Dan dlam sehari bs sampe 3 ato 5x, dia tdk batuk, jg tdk brlendir dan klo tidur nafasnya normal hampir tidak pernah ngorok ato bersuara aneh. Kira2 kenapa ya.. Terimakasih banyak sebelumnya.

  4. Pak Dokter, nama saya Holisa, Saya punya anak laki2 umur 2 tahun, dengan BB 11,5 Kg, TB : 34 cm, bsa bicara tp tidak bisa meng-eja kata2,
    Sudah 6 bulan yang lalu, Batuk kasusnya sama persis kasus diatas, sampai dia sesak napas, pokoknya kasus seperti kasus diatas, mohon ada g solusinya lagi… terima kasih….

  5. Assalamualaikum Wr Wb
    Dok saya ibu dari seorang putri berusia 3th4 bln..BB 14KG,Perkembangan normal seperti anak2 seusianya…lahir dengan BB 2,5Kg ,Aktif dan saat ini sudah sekolah di PAUD…cuma sejak umur 1,5th putri saya sering pilek lanjut batuk berdahak disertai sesak nafas dan muntah apalagi kalau tidur malam nafasnya sampai bunyi…berat badannya cepat naik tapi begitu batuk pilek langsung turun…sudah sering bolak balik ke Dokter spesialis anak,biasanya selain di beri obat juga di terapi nebulizer,kata dokternya sich punya bakat asma,padahal di riwayat keluarga saya dan suami (kakek neneknya ) tidak ada yang asma….Belakangan saya khawatir dampak negatif kalau tiap bulan putri saya harus konsumsi obat2an kimia karena hampir tiap bulan dia batuk pileknya..tapi mau mencari obat aternatif herbal yang islami juga bingung mau kemana…tolong solusinya ya dok………

  6. Great information. Lucky me I recently found your blog by accident (stumbleupon).
    I have book-marked it for later!

  7. Saya punya anak umur 9 tahun, sa’at anak saya sedang kambuh sesak dan batuknya. Yg ingin saya tanyakan , apa boleh anak seumuran anak saya pakek obat hirup misalnya inholer…Jawaban sangat berarti buat saya. Trima kasih

  8. Assalamu’alaikum. . . Selamat malam Dokter,saya mau tanya..anak saya berumur 7 bulan dg bb 7 kg..sudah hampir 2 bulan ini menderita flu,batuk & sesak nafas & grok2.tapi hanya mulai matahari terbit sampai matahari terbenam. Jika malam smua keluhan hilang sama sekali.udah berobat kedokter 8x,nebulizer juga sudah.tapi masih belum ada perkembangan,mohon saranya Dok,terimakasih.

  9. assalamualaikum…
    sekarang usia anak saya 22 bln. dia sudah mualai bisa berbicara sudah jalan, tapi kesulitan saya dia susah makan sehingga saya liat badanya kurus tidak seperti anak2 seusianya. apakah yang harus saya lakukan sblnya terimakasih

  10. Ping-balik: Cara Mengatasi Sesak Nafas | Caramanfaat.net

  11. assalamualaikum…..
    anak saya umur 7 thn tapi kalo setelah lari lari suka sesak dadanya….itu kenapa yaaa…..

Tinggalkan Balasan

