Manfaat Berpuasa …

Manfaat berpuasa

Dari beberapa ayat dan hadist tentang puasa, ada 4 dimensi Manfaat berpuasa, yaitu sebagai berikut :
•     Dimensi fisik yaitu peningkatan status kesehatan, sebagaimana yang telah dijelaskan diatas.
•    Dimensi psikologis yaitu penyembuhan penyakit hati. Puasa menghidupkan hati, mengerem nafsu dan menundukkan kecintaan berlebihan terhadap dunia.
•    Dimensi sosial yaitu orang berpuasa akan meningkat solidaritasnya terhadap sesama manusia dan menumbuhkan kepedulian. Kita dipacu untuk menjalankan amal-amal sosial di bulan puasa .
•    Dimensi spiritual : sebagaimana janji Allah ”…agar kalian bertaqwa” yaitu meningkatnya kualitas keimanan dan kedekatan kita kepada Allah SWT sehingga diharapkan akan menjadi orang yang bertaqwa.

Yang sering menjadi pertanyaan apakah ini termasuk pada puasa-puasa sunnah, jawabannya adalah bahwa puasa sunnah bisa menjadi cara memelihara semangat ramadhan kita. Adapun manfaat dimensi fisik dan psikologisnya sudah nyata, sementara manfaat sosial dan spiritualnya lebih menonjol pada bulan ramadhan, meskipun tetap ada manfaatnya pada puasa-puasa sunnah.

Manfaat Berpuasa ini akan terasa apabila puasa dilakukan dengan penuh keimanan dan bersungguh-sungguh. Di sinilah letak perbedaan menjalankan puasa dengan berdiet. Orang yang berdiet hanya mendapatkan keuntungan dimensi fisiknya saja, itupun tidak secara optimal.

Agar puasa dapat memberi manfaat dalam 4 dimensi sekaligus, ada syarat-syaratnya, diantaranya adalah :
a.    Membulatkan niat lillahi ta’ala. Hal  ini adalah untuk meningkatkan berkah Allah atas puasa yang kita lakukan, yang sebagian besarnya belum kita ketahui.
b.    Makan sahur, meningkatkan keberkahan dan menguatkan tubuh kita.
c.    Aktifitas fisik berat seperti olah raga dilakukan menjelang berbuka, untuk menjaga agar tidak terjadi gangguan kesehatan seperti hipoglikemia (kadar gula darah yang rendah).
d.    Mengisi hari-hari dengan ibadah untuk meningkatkan ketulusan, karena ketulusan dalam berpuasa akan memberikan manfaat bagi meningkatnya nilai spiritualitas kita dan mengoptimalkan manfaat puasa bagi penyembuhan penyakit-penyakit hati.
e.    Berbuka dengan yang manis dan tidak berlebihan, hindari makanan yang pedas dan asam, banyak makan buah dan sayur.
f.    Minum air usahakan terpenuhi kebutuhan minimal air putih yaitu 30 cc / kg berat badan / hari, diminum terbagi sejak buka sampai selesai sahur, ini untuk mencegah dehidrasi karena siang hari kita tidak minum . Pada waktu-waktu yang lalu orang usia lanjut dilarang berpuasa karena dikhawatirkan terjadi dehidrasi, akan tetapi berbagai penelitian belakangan ini menunjukan, berpuasa diperbolehkan bagi pasien usia lanjut asalkan tidak mempunyai gangguan fungsi organ-organ vital
g.    Tegakkan Sholat Tarawih, karena sholat tarawih  menggerakkan otot-otot sekitar perut sehingga melancarkan pencernaan, dan melancarkan peredaran darah. Disamping itu sholat tarawih juga menghidupkan hati kita. Sholat tarawih berjamaah meningkatkan solidaritas sosial.

Lebih dari itu ternyata puasa bisa mengobati banyak penyakit. Penyakit yang bisa disembuhkan dengan puasa, antara lain :
•     Penyakit kulit seperti eksim, psoriasis/kulit bersisik
•   Penyakit jantung meliputi penyakit jantung koroner, gangguan irama jantung, dan     arterio sclerosis (kekakuan pembuluh darah nadi)
•    Penyakit metabolic seperti kencing manis, hypercholesterolemia, infeksi hati kronis, asam urat, tekanan darah tinggi
•    Penyakit pencernaan meliputi sariawan, maag kronis dan kekurangan enzim     pencernaan
•    Penyakit ginjal dan saluran kencing seperti gangguan fungsi ginjal, infeksi saluran     kencing dan pembesaran prostat
•    Penyakit Kanker
•    Penuaan dini seperti keriput dan kelemahan otot
•    Penyakit seksual seperti impotensi, ejakulasi dini, hilangnya libido pada wanita,     keputihan kronis, gangguan keseimbangan hormonal

Penyakit–penyakit itu bisa disembuhkan atas ijin Allah SWT, asalkan puasa yang dilakukan sesuai petunjuk diatas dan dibawah pengawasan dokter/thabib yang memahaminya. Penyakit tersebut sebagian besar bisa disembuhkan hanya dengan puasa saja dan sebagian lagi perlu ditambah kombinasi gizi dan ramuan herbal yang telah terbukti manfaatnya . Jika anda bertekad mengobati penyakit dengan menggunakan metode puasa, maka pada awal anda menerapkannya, saya anjurkan dilakukan dalam pengawasan dokter .

Artinya: “wahai sekalian manusia, telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit  dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman” (Qur’an Surah Yunus, 10:57)

Artinya: “Dan Kami turunkan Al Qur’an yang menjadi obat dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan tidaklah orang-orang yang zalim mendapat sesuatupun darinya kecuali kerugian” (Qur’an Surah Al-Isra’, 17:82)

Semoga artikel Manfaat Berpuasa ini yang di tulis dr Muhammad Ali Toha Aseggaf berguna untuk kita yang sebentar lagi akan berpuasa Romadhon dan sambutlah Romadhon dengan Iman dan Ilmu.

About these ads

17 gagasan untuk “Manfaat Berpuasa …

  1. (Maaf) izin mengamankan KEEMPAX dulu. Boleh, kan?!
    Untung selama ini selalu berpuasa ful satu bulan.
    Btw, yang terpenting harus lillahi ta’ala, soal manfaat lain2nya anggap saja sebagai bonus

  2. salam..
    bener banget puasa itu justru menyembuhkan penyakit, saya sendiri punya penyakit magh tapi kalo puasa gak pernah kumat malah lebih sehat. dan anehnya berat badan justru naik hehe..
    tapi saya baru tahu kalo puasa juga bisa nyembuhin penyakit kulit..
    makasih infonya..
    salam :-)

  3. Ping-balik: Manfaat berpuasa membebaskan tubuh dari racun-racun berbahaya « Rumah-sehat afiat's Blog

  4. Ping-balik: Manfaat berpuasa Mengurangi resiko stroke « Rumah-sehat afiat's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s