10 CARA MUDAH HIDUP SEHAT DAN BAHAGIA

10 CARA MUDAH HIDUP SEHAT  DAN BAHAGIA

Para ahli kesehatan mengatakan bahwa sehat bukanlah segalanya, namun tanpa kesehatan segalanya bukanlah apa-apa . Rasulullah SAW berkata :”Kebahagiaan adalah jika kamu bangun tidur dalam keadaan sehat dan kamu memiliki cukup persediaan untuk hidup hari itu”. Manusia modern berpikir tentang hidup sehat dengan cara yang terlalu kompleks, akibatnya sebagian besar dari mereka beranggapan bahwa untuk menjadi sehat itu mahal dan sulit . Padahal banyak kebiasaan-kebiasaan sederhana yang ternyata bisa membuat orang menjadi lebih sehat, bahkan menjadi sembuh dari sakitnya . Berikut 10 cara nudah hidup sehat dan bahagia :

1.    Kebiasaan tidur Cepat Bangun Cepat

Nabi SAW tidak melakukan aktifitas setelah sholat isya’ kecuali bicara tentang hikmah dan pertanian . Setelah itu Beliau SAW cepat tidur agar bisa cepat bangun untuk menjalani sholat malam dan membaca qur’an . Kebiasaan membaca buku yang berat ataupun menonton cerita horor menjelang tidur, akan mengurangi kenyenyakan tidur . Maka saya selalu menganjurkan kepada para pasien untuk menyingkirkan TV dari kamar tidur karena keberadaan TV di kamar akan membuat orang menonton sebelum tidur dan mengganggu kenyamanan kita atau pasangan hidup kita . Tidur yang tidak pulas, meskipun jangka waktunya panjang, tidak akan memberi manfaat istirahat yang cukup . sehingga orang akan bangun tidur dalam keadaan tidak bugar .

2.    Kebiasaan kedua adalah syukur nikmat

”Dan , tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah nikmat  kepadamu, dan jika kamu mengingkari , maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.(Q.S. Ibrohim, 14:7)
Dalam ayat ini Allah SWT menjanjikan kebahagiaan berupa tambahan nikmat sehingga orang yang bersyukur akan merasakan nikmat yang diterimanya lebih dari yang semestinya dirasakan . Nilai lebih karena bersyukur ini akan meningkatkan kesehatan dengan makin baiknya regulasi hormonal tubuh kita .

3.    Mulailah Hari Anda Dengan Senyum

Rasulullah SAW mengatakan bahwa senyum adalah sodaqoh . Dalam penelitian diketahui bahwa senyum menyehatkan meskipun dilakukan dengan terpaksa .
4.    Kendalikan Perut Anda dengan
penyakit serius yang dapat menimpa seseorang, akibat kurang minum . kebutuhan minimal air murni adalah 30 cc/kg bb/hari dalam cuaca sejuk . Jika cuaca panas atau aktifitas tinggi, misalnya olah raga dengan keringat yang banyak kita perlu tambahkan lagi 20% menjadi 35 – 40 cc/kg bb/hari .

5.    Jangan Merokok

Benar jika dikatakan bahwa rokok tidak ada di zaman Rasulullah SAW, namun jika kita pelajari manfaat dan mudharat dari rokok, maka manfaatnya nol dan mudharatnya banyak . Ada banyak gangguan kesehatan yang terjadi sebagai akibat dari merokok . mulai dari mulut dan keringat yang berbau tidak enak, infeksi kronis paru, kerusakan jaringan paru, bahkan sampai kanker paru yang tingkat kesembuhannya (remisi) sangat rendah . Rasanya ini sudah cukup menjadi alasan bagi kita untuk meninggalkan rokok .

6.    Banyak Bergerak

Kita sering kali beralasan tidak memiliki cukup waktu untuk berolah raga, padahal kita punya banyak waktu untuk nonton TV atau membuang waktu untuk berbincang-bincang hal yang kurang bermanfaat . Pola hidup yang cenderung santai dan membuang waktu untuk hal-hal yang kurang bermanfaat telah menyebabkan kita menjadi orang yang kurang gerak, pola hidup seperti ini disebut sedentary living, dan sayangnya kemalasan ini memberi dampak serius terhadap kesehatan kita sekurangnya dalam jangka panjang .

7.    Sholat Tepat Waktu

Apa hubungan Sholat tepat waktu dengan kesehatan ? melaksanakan sholat tepat waktu berarti kita menjalankan siklus hidup secara benar karena waktu-waktu sholat ditetapkan dengan maksud dan kadar yang sesuai fitrah manusia . Sholat tepat waktu juga akan menenangkan pikiran karena kita akan mengerjakannya tanpa terburu-buru, disamping memberi manfaat lebih terhadap kesehatan baik dari gerakannya yang melancarkan peredaran darah maupun perbaikan keseimbangan hormonal . Keseimbangan hormonal yang baik akan membuat kita awet muda .

8.    Cukup Rekreasi

Rekreasi adalah kebutuhan hidup yang penting untuk meningkatkan regenerasi sel-sel otak . Rasulullah SAW mencontohkan rekreasi yang positif, yakni beliau SAW melakukan olah raga permainan a.l. gulat, berlomba lari dengan Aisyah r.a. dll., yang kesemuanya adalah olah raga yang baik karena memiliki dua unsur positif pada olah raga yaitu gerakan fisik dan rekreasi . Beliau SAW juga menghidupkan suasana  dalam rumah tangganya dengan memberikan salam setiap memasuki rumah, memberikan pujian-pujian dan julukan-julukan yang indah dan hangat kepada para isterinya, anak dan cucunya .

10.    Sabar

Allah SWT memuji orang-orang yang sabar dengan pujian yang menakjubkan . antara lain bahwa Allah selalu bersama orang-orang yang sabar (Qur’an Surah Albaqoroh, 2:165), ada 63 ayat dalam Alqur’an yang memuji orang yang bersabar, dan Allah menjanjikan kebaikan-kebaikan kepada orang yang sabar .

Semoga 10 cara mudah hidup sehat dan bahagia ini bermanfaat amien

About these ads

21 thoughts on “10 CARA MUDAH HIDUP SEHAT DAN BAHAGIA

  1. Waduw..nomor 1’nya aja udah bukan gue banget, hehehhe…
    Tidurnya selalu malem2 dan bangunnya suka kesiangan, wkekekekekek…
    Ampun deh, harus segera dirubah ni pola tidurnya…

  2. good sekali boleh lah untuk dicoba tips nya semoga bisa bermanfaat untuk orang orang yang maw mencoba tips ini,,,,,

  3. Kalau pengalaman sya slma ini’
    tdur.y lambat bangun.y cepat. Namun terkadang pikiran sya gk tenang. Ada yg bisa membntu ??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s